Dukcapil Fashion Week di Timika Jadi Ajang Kumpul dan Digitalisasi KTP

Seorang model street fashion berpose di ajang Dukcapil Fashion Week, Timika, Minggu (7/8/2022). (Foto: Yonri/Seputarpapua)
Seorang model street fashion berpose di ajang Dukcapil Fashion Week, Timika, Minggu (7/8/2022). (Foto: Yonri/Seputarpapua)

TIMIKA | Warga Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah menyerbu penyelenggaraan Dukcapil Fashion Week yang diadakan di Area Pohon Jomblo, Minggu (7/8/2022).

Layaknya Citayam Fashion Week yang viral di jagat maya, ajang ini pun dimanfaatkan warga Mimika untuk pamer busana terbaiknya. Terlihat berbagai kalangan pun melenggak bak model di atas catwalk dengan kreasi busananya, dari pakaian tradisional hingga kontemporer.

Acara ini diinisiasi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Mimika. Tujuan utamanya untuk menyasar pelayanan Adminduk, seperti perekaman E-KTP, sosialisasi KTP Digital, serta semua penerbitan Adminduk yang langsung dilayani di tempat.

Kepala Dinas Dukcapil, Slamet Sutejo di lokasi acara cukup terkejut dengan antusias warga menghabiskan akhir pekannya di Dukcapil Fashion Week.

Dari kegiatan ini, Dukcapil pun berhasil merangkul warga untuk lakukan adminduk termasuk mendigitialisasi KTP mereka. Jumlahnya pun capai 200 orang.

“Hal ini juga menjadi inspirasi. Dimana rata-rata masyarakat Kabupaten Mimika juga menginginkan adanya area-area publik tanpa kendaraan bermotor untuk menyalurkan ide dan kreatifitas,” aku Slamet.

Hal itulah yang dimanfaatkan Dukcapil Mimika untuk menggelar ajang Dukcapil Fashion Week sembari memperkenalkan KTP Digital secara luas ke masyarakat.

Memang, kata Slamet, KTP Digital masih menunggu tanggal peluncuran dari pemerintah pusat. Tapi, secara bertahap, sejak dini pihaknya mulai memperkenalkan inovasi ini agar mempermudah peralihan ke digital di waktu mendatang.

Namun, kata Slamet, masyarakat tidak perlu kuatir tentang KTP Digital. Dukcapil akan tetap menerapkan dua sistem pelayanan baik manual maupun digital.

Saat ini, terdata sebanyak 560 jiwa sudah memiliki KTP Digital di Mimika. Angka itu dikatakan Slamet, belum termasuk jumlah jiwa yang melakukan pendaftaran pada ajang Dukcapil Fashion Week.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Yonri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.