Dukung Program Pemerintah, Warga IKT Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

VAKSINASI | Pengurus IKT mengikuti proses administrasi untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 di gedung Tongkonan, Timika, Papua, Senin (5/7/2021). (Foto: Saldi/Seputarpapua)
VAKSINASI | Pengurus IKT mengikuti proses administrasi untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 di gedung Tongkonan, Timika, Papua, Senin (5/7/2021). (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Kabupaten Mimika, Papua, bekerjasama Dinas Kesehatan (Dinkes) melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 di gedung Tongkonan, Jalan Sam Ratulangi, Timika, Senin (5/7/2021).

IKT Mimika dalam menggagas terselenggaranya kegiatan vaksinasi Covid-19 kepada warga Toraja di Mimika, bertujuan mendukung program Pemerintah yang diantaranya menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19, pencapaian kekebalan kelompok (herd immunity), maupun mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat.

Ketua IKT terpilih, Yusuf Rombe Pasarrin yang pada kesempatan ini juga mengikuti vaksin pertama, mengatakan bahwa sebelumnya pengurus IKT sudah mengagendakan kegiatan vaksinasi ini sejak bulan Maret 2021, hingga pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat Toraja yang ada di Mimika soal rencana kegiatan vaksinasi.

Namun, karena masih banyak masyarakat yang belum paham dan masih ragu untuk divaksin, akhirnya kegiatan baru bisa terselenggara pada saat ini.

Melihat antusias masyarakat yang ingin divaksin, Yusuf Rombe merasa bahwa hal itu membuka peluang pihaknya untuk dapat melaksanakan kegiatan vaksinasi lebih dari satu hari, tentu saja hal itu akan dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan.

“Awalnya kami tidak prediksi akan sebanyak ini. Kesepakatan kami kemarin 600 orang di vaksin. Tapi karena melihat animo masyarakat cukup banyak yang datang, membuat dari Dinas Kesehatan menyiapkan 1000,” kata Yusuf Rombe yang ditemui Seputarpapua.com di gedung Tongkonan, Timika.

Panitia awalnya fokus kepada warga Toraja untuk kegiatan vaksinasi ini. Namun karena antusias masyarakat sangat tinggi sehingga masyarakat lainnya yang hadir turut dilayani dan diberi vaksin.

Tim kesehatan yang dilibatkan dalam kegiatan ini antara lain dari Puskesmas Timika, Puskesmas Wania, Puskesmas Pasar Sentral hingga Puskesmas Mapurujaya.

Bahkan, personel TNI-Polri ikut mengawal jalannya kegiatan ini dan mengajak masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan (Prokes) dalam mengikuti kegiatan vaksinasi.

penulis : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan