Dukung UMKM, KKBSU Mimika Adakan Car Free Day Peduli UMKM

Masyarakat antusias ikut membeli dagangan hasil olahan pelaku UMKM dalam acara Car Free Day KKBSU Mimika peduli UMKM, pada Sabtu, 19 November 2022. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Masyarakat antusias ikut membeli dagangan hasil olahan pelaku UMKM dalam acara Car Free Day KKBSU Mimika peduli UMKM, pada Sabtu, 19 November 2022. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Kerukunan Keluarga Besar Sulawesi Utara (KKBSU MIMIKA) Kabupaten Mimika, Papua Tengah, pada Sabtu, 19 November 2022 melaksanakan kegiatan Car Free Day (CFD).

Kegiatan yang pertama kalinya dilaksanakan KKBSU di Kabupaten Mimika ini, diadakan di depan Sekretariat KKBSU, jalan Kesehatan, Kelurahan Timika Indah dengan tema ‘Car Free Day KKBSU Mimika peduli UMKM’.

Ketua Umum KKBSU Mimika, Herlina Pussung SE., MM menjelaskan, kegiatan CFD KKBSU Mimika Peduli UMKM merupakan bentuk kepedulian terhadap para pelaku usaha mikro kecil menengah atau UMKM, khususnya warga KKBSU dan pada umumnya warga Kabupaten Mimika.

UMKM di Mimika, kata Herlina, sangatlah perlu didukung dan dikembangkan oleh semua pihak, dan kegiatan yang dilaksanakan ini juga sebagai bentuk sinergi antara KKBSU dengan Pemerintah Kabupaten Mimika, dalam hal ini mendukung program Pemerintah.

“Besar harapan saya dari kegiatan ini bisa memberikan semangat dalam peningkatan perekonomian Kabupaten Mimika, yang salah satu indikatornya adalah pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan UMKM,” katanya.

Tak hanya itu, Herlina juga berharap UMKM dapat meningkatkan produktivitas pelaku usaha UMKM itu sendiri, baik dengan meningkatkan keterampilan dalam proses produksi maupun sistem marketingnya, serta manajerial yang bertujuan agar mampu memecahkan permasalahan yang bisa saja terjadi dan menjadi masalah yang menggangu produktivitas pelaku UMKM. Hal itu tentunya membutuhkan keterlibatan Pemerintah.

“Pelaku usaha memiliki kemampuan mengeksploitasi secara baik sumber daya yang dimiliki, guna meningkatkan usaha mereka, termasuk legalitas usahanya. Pelaku usaha juga dapat memanfaatkan bahan mentah, yangmana merupakan ciri khas daerah Kabupaten Mimika sehingga dapat meningkatkan nilai jual dan manfaat lainnya dapat dicapai,” ujarnya.

Karena itu, menurut Herlina, kegiatan CFD KKBSU Mimika Peduli UMKM ini bisa mengangkat pelaku UMKM warga KKBSU, maupun pelaku UMKM yang ada di Mimika untuk dapat mengembangkan usaha yang nantinya mampu memberikan jawaban atas kebutuhan lapangan pekerjaan.

“Sehingga masyarakat Kabupaten Mimika tidak hanya berperan sebagai konsumen saja, namun juga sebagai produsen yang ikut ambil bagian secara aktif dalam peningkatan SDMnya sendiri serta peningkatan ekonomi di Mimika,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Herlina berharap kegiatan seperti ini dapat selalu diselenggarakan baik oleh pemerintah, perusahaan-perusahaan yang ada di Mimika maupun organisasi kemasyarakatan hingga kerukunan untuk memberikan dukungan kepada pelaku UMKM.

“Kami berterima kasih kepada Bupati Mimika atas restunya dilaksanakan kegiatan ini, kepada Polres Mimika, pemerintah kelurahan Timika Indah atas dukungannya, dan tidak lupa kepada sponsor dari HP Production dan RS Kasih Herlina Timika, serta kepada para pelaku UMKM se-Kabupaten Mimika yang sudah terlibat pada kegiatan Car Free Day KKBSU Mimika Peduli UMKM,” pungkasnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Kristin Rejang
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.