Dukungan Keluarga dan Masyarakat Penting Bagi Orang Terpapar Covid-19

Ilustrasi
Ilustrasi

TIMIKA | Juru Bicara Pemkab Mimika untuk COVID-19 Reynold Ubra mengatakan, dukungan dari keluarga dan masyarakat sangat berpengaruh besar terhadap proses penyembuhan mereka yang terpapar virus corona (Covid-19).

“Hari ini ada satu orang tanpa gejala (OTG) dan orang dalam pemantauan (ODP) yang kami nyatakan selesai untuk dilakukan pemantauan atau sehat,” kata Reynold melalui video conference bersama awak media, Sabtu (4/4) malam.

Kata dia, OTG dan ODP yang dinyatakan sehat sebenarnya melakukan isolasi mandiri. Namun terus dilakukan pemantauan sesuai protokol oleh petugas setiap harinya, baik itu melalui call center maupun di lapangan secara langsung. Dan hasilnya tidak menunjukkan gejala klinis virus corona (Covid-19).

“Pemantauan ini tidak hanya dilakukan hari ini saja, tapi sudah mulai dari dia memeriksakan diri, baik ke call center maupun fasilitas kesehatan lainnya. Dan karena tidak menunjukkan gejala klinis, maka kami keluarkan dari status OTG dan ODP,” katanya.

Rey sapaan akrabnya mengatakan, perkembangan positif terhadap OTG dan ODP ini menunjukkan dukungan dari keluarga dan masyarakat sangat berpengaruh besar.

Kenapa demikian, karena dengan melakukan ‘phisical distancing’ (tidak bersentuhan), ‘social distancing’ (tidak bertemu), dan menggunakan masker, maka orang yang melakukan isolasi mandiri ini bisa sehat.

“Untuk itu, kebijakan yang diambil oleh pemerintah daerah untuk memberlakukan batasan ini sangatlah penting. Dan ini harus didukung oleh semua pihak untuk memutus rantai penyebaran covid-19 ini,” tuturnya.

Rey menambahkan, sampai Sabtu (4/4) ini, jumlah PDP di Mimika sebanyak 42 orang. Dari jumlah tersebut yang dirawat di rumah sakit 15 orang dan isolasi mandiri 17 orang.

Sementara untuk yang ODP berjumlah 46 orang. Sebanyak 44 melakukan isolasi mandiri, sementara dua orang dilakukan perawatan.

Sedangkan untuk OTG ada 81 orang. Dimana mereka melakukan isolasi mandiri, baik di rumah maupun shelter. Yang berstatus positif tiga orang dan meninggal satu orang.

Reporter: Mujiono
Editor: Misba Latuapo

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar