Dulu Jalan Kaki dan Naik Ojek, Pelajar di Mappi Kini Naik Bus Gratis ke Sekolah

Pelajar di Kota Keppi, Mappi, sedang antre untuk menaiki bus sekolah. (Foto: Ist)
Pelajar di Kota Keppi, Mappi, sedang antre untuk menaiki bus sekolah. (Foto: Ist)

TIMIKA | Pelajar SD dan SMP di Kota Keppi, Kabupaten Mappi, Provinsi Papua Selatan kini sudah bisa menggunakan bus ke sekolah setelah sebelumnya ada yang berjalan kaki dan naik ojek.

Bus ini disediakan Pemerintah Kabupaten Mappi saat ini dipimpin Penjabat Bupati Michael R. Gomar.

Tiga unit bus yang disediakan ini diperuntukkan sebagai sarana transportasi para pelajar mulai SD sampai SMA di wilayah Kota Kepi, jalan area bandara, area pelabuhan hingga perkampungan di sekitar Kota Keppi.

Langkah Pemda ini menuai pujian dan ucapan terima kasih dari para pelajar, guru hingga orang tua murid.

Salah satu pelajar kelas VI SD Negeri I Obaa, Yosep Riston menyebut kehadiran bus sekolah bisa membuat dia dan teman-teman lebih rajin ke sekolah.

“Terimakasih Bapak Bupati sudah bantu kami, kami pulang pergi sekolah sudah bisa naik bus, ” ungkap Yosep Riston, Jumat (5/8/2022).

Riston mengungkapkan, sebelum ada bus sekolah biasanya diantar orang tua atau menggunakan jasa ojek dengan mengeluarkan uang sampai Rp10 ribu untuk pergi dan pulang dari sekolah.

“Sebelum ada bus, kalau tidak diantar sama orang tua, kami naik ojek bayarnya Rp5 ribu. Kalau pulang dan pergi berarti harus bayar Rp10 ribu,” tuturnya.

Pelajar lainnya, Kristina Agawemu juga menyampaikan hal senada bahwa dengan adanya bus ini bisa membuat dia dan teman-teman lebih bersemangat ke sekolah.

“Sebelum ada bus sekolah kami kalau tidak naik ojek kami jalan kaki ke sekolah. Terima kasih pak penjabat bupati” tuturnya.

Kristina berharap, Bupati kedepannya bisa membuat halte bus agar mereka tidak kehujanan atau kepanasan saat menunggu bus.

Tidak hanya pelajar SD, pelajar SMP juga mengapresiasi langkah pemerintah menghadirkan bus sekolah ini.

Christin, siswa kelas VII SMP Negeri I Obaa berharap kedepannya Pemda Mappi bisa menyediakan bus lebih banyak lagi.

“Kalau bisa Bapak Bupati kasih tambah bus biar kami tidak saling menunggu. Apalagi kami di SMP ada yang masuk pagi dan masuk siang,” harapnya.

Sementara itu pengemudi bus, Kristianus Engelbertus berharap agar Pemda Mappi bisa menambah armada transportasi.

Ia mengatakan, saat ini ada tiga bus yang dioperasikan, namun jumlah tersebut masih kurang karena jumlah pelajar yang menggunakan bus sangat banyak.

Dia menyebut, bus tersebut dioperasikan mulai pukul 06.00 WIT sampai selesai jam sekolah.

“Kalau kendala di lapangan sebenarnya tidak ada, hanya kami berharap kalau bisa kasih tambah bus,” ucapnya.

Guru SD Negeri I Obaa, Hendrik Pasiolanan juga mengapresiasi langkah Pemda Mappi.

Menurutnya, sejak adanya bus ini tingkat kehadiran pelajar semakin bagus dan tidak malas lagi ke sekolah.

“Kami sangat berterimakasih kepada Bapak PJ Bupati Mappi karena dengan adanya bus sekolah sangat berdampak pada kerajinan siswa ke sekolah,” tuturnya.

Tidak hanya guru, orang tua siswa juga menyambut baik dan mengapresiasi kehadiran bus sekolah.

Paulina juga berharap kedepan jumlah bus bisa ditambah.

“Kami orang tua sangat berterimakasih dengan adanya bus sekolah ini. Ini sebagai bentuk perhatian pemerintah di bidang pendidikan,” ungkap Paulina.

 

reporter : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.