seputarpapua.com

Ekspor ke Malaysia, Klemen Tinal: Karaka Timika Naik Kelas jadi Milik Dunia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
LAUNCHING | Wakil Gubernur Papua saat melaunching ekspor Kepiting. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
LAUNCHING | Wakil Gubernur Papua saat melaunching ekspor Kepiting. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Wakil Gubernur Papua, Kelemen Tinal melaunching pengiriman 750 kilogram (Kg) Kepiting (Karaka) dari Kabupaten Mimika ke Malaysia, Senin (29/3/2021).

Kegiatan ini juga merupakan Peningkatan Ekspor Komoditas Perikanan Provinsi Papua di Kabupaten Mimika dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasioanl (PEN) Tahun 2021.

Wakil Gubernur Provinsi Papua dalam sambutannya mengatakan, provinsi selalu mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemda Mimika apalagi mengenai pemulihan ekonomi dalam masa Pandemi Covid-19

Dimana kata dia, Dulu Kepiting hanya dikonsumsi dalam rumah tangga saja, namun saat ini sudah bisa dinikmati oleh warga Malaysia Singapura, Jepang dan lain lain.

“Artinya prodak yang sama dari hasil daerah yang sama, hari ini naik kelasnya bukan lagi menjadi milik orang Mimika, tetapi menjadi milik dunia. Itu namanya kapitalisasi,” seruny.

Ia mengatakan, hal ini akan menguntungkan masyarakat Mimika untuk meningkatkan kesejahteraan rumah tangga.

“Mendapatkan income yang baik, pengusaha yang menjadi suplayer juga dapatkan profit yang baik, tapi konsumen yang menikmati karaka kelas satu di Malaysia, Singapore, Jepang mereka juga menikmati, itu yang disebut simbiosis mutualisme atau sama – sama untung,” serunya.

Dirinya juga berpesan agar pemerintah jangan hanya banyak membuat teori yang tinggi.

“Masyarakat tidak butuh kau punya teori. Apa yang dia miliki itu yang coba kita sama – sama lakukan, ajar dan bimbing supaya bisa menjadi income buat dia, mulai mencari karaka, lama – lama naik sampai dia yang jadi pengusahanya,” serunya.

Berita Terkait
Baca Juga