seputarpapua.com

Elminus Mom Minta Masyarakat Jangan Dulang Emas di Atas Mile 39

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Elminus Mom
Elminus Mom

TIMIKA | Tokoh masyarakat, Elminus B. Mom meminta kepada masyarakat, khususnya Orang Asli Papua (OAP) untuk tidak mendulang emas tradisional di atas mile 39, area PT Freeport Indonesia.

Hal ini menyusul penembakan terhadap Demianus Niwigeleng-Magai alias Jonius di mile 50 yang menyebabkan korban meninggal dunia.

Elminus yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Mimika mengatakan, dirinya sudah sering menyampaikan baik di media maupun kepada masyarakat bahwa apabila ingin mendulang emas, sebaiknya dilakukan di bawah mile 39, bukan di atasnya.

Ini karena di atas mile 39 merupakan daerah operasi TNI-Polri dan itu sejak dulu sampai sekarang. Sehingga kalau ada penembakan dan salah sasaran, dirinya tidak terkejut lagi, dan itu bukan hal baru.

“Saya selalu tegaskan masyarakat bisa mendulang di bawah mile 39 sampai di lapangan sebelah Bandara, yang memiliki wilayah cukup luas, jangan di atasnya. Kalau di atas mile 39, ibaratnya kalau mau tembak babi hutan, maka bisa terkena babi piaraan, dan itu sering terjadi,” kata Elminus di Kantor DPRD Mimika, Selasa (23/3/2021).

Elminus yang juga Ketua Komisi C DPRD Mimika mengakui jika dari kejadian ini dirinya ingin marah, tetapi tidak bisa. Hal ini karena dirinya sudah sering menyampaikan bahwa wilayah itu merupakan daerah operasi TNI-Polri dalam melaksanakan tugas menjaga keamanan.

Kalau sampai terjadi penembakan dan salah sasaran, berarti masyarakat ini tidak paham. Terlebih lagi, sekarang ini situasi dan kondisi di daerah Papua itu merah untuk masalah keamanan.

Meski demikian, Elminus sangat menyayangkan adanya peristiwa penembakan ini.

“Sebenarnya saya menyayangkan, dengan kejadian ini. Karena korban mendulang untuk bayar atau penyelesaian perang di Kwamki Narama dulu, dan dia bukan anggota TPN-OPM,” katanya.

Berita Terkait
Baca Juga