Eltinus Omaleng Ingin Presiden Jokowi Resmikan Bandara Baru di Timika, Ini Targetnya

Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng saat berfoto di Bandara Mozes Kilangin. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng saat berfoto di Bandara Mozes Kilangin. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Bupati Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Eltinus Omaleng menginginkan Presiden Presiden Republik Indonesia, Jokowidodo bisa meresmikan Terminal Baru Bandara Mozes Kilangin Timika sisi Selatan.

Dijelaskan setelah peresmian Garbarata hari ini, pihaknya akan menunggu hingga tiga bulan kedepan, ia bersama dengan tim terkait untuk mengadakan rapat persiapan peresmian keseluruhan bandara.

“Jadi kami, Forkopimda juga kepala bandara serta dinas terkait duduk rapat menentukan kapan kira-kira bandara akan diresmikan supaya Presiden sendiri yang resmikan. Karena Beliau (Presiden) punya kegiatan kan banyak jadi 6 bulan sebelum peresmian sudah memberikan undangan kepada Presiden,” kata Bupati.

Ia menargetkan sekitar bulan Desember 2022 terminal baru Bandara Mozes Kilabgin Timika harus diresmikan oleh Presiden.

“Memang ada pengerjaan yang belum tapi sebagian besar sudah selesai sehingga bandara ini harus presiden yang resmikan. Jadi mungkin kita undang bulan Desember,” ungkapnya.

Bupati mengaku sangat ingin agar Bandara diresmikan oleh Presiden Jokowi.

“Kan beliau turun (selesai jabatan presiden-red) kan kita tidak tau, tapi karena beliau begitu turun nanti berikut yang resmikan kan tidak baik. Lebih baik Jokowi yang resmikan lebih bagus dari yang lainnya,” pungkasnya.

Bupati mengatakan bandara ini sebagai bentuk kemajuan wilayah dan salah satu infrastruktur yang penting melayani kebutuhan transportasi udara bagi masyarakat dengan posisi strategis merupakan akses masuk wilayah Papua dan penyangga ekonomi di wilayah sekitar Kabupaten Mimika.

“Juga merupakan bukti keterpaduan yang nyata, strategis antara pusat dan daerah. Perkembangan pembangunan bandara Mosez Kilangin yang dilengkapi fasilitas Garbarata yang sebenarnya merupakan bagian dari kontrak pembangunan terminal ini tetapi segera difungsikan untuk melayani masyarakat secara parsial telah kami serahkan ke UPBU Timika sehingga dapat diresmikan untuk difungsikan mulai hari ini,” ucapnya.

Kemudian akses bandara ini dengan posisi Kabupaten Mimika yang strategis diperlukan juga daya tarik yang lain seperti penggunaan tempat belanja yang akan disediakan pada bandara ini serta angkutan untuk melayani masyarakat.

“Keberadaan bandara megah ini ditengah kondisi ekonomi dunia yang sulit kita berharap bisa untuk pengembangan guna mempercepat proses pemulihan ekonomi,” pungkasnya.

 

reporter : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.