Empat Atlet Muaythai Pulang ke Mimika Bawa Medali Emas dan Perak

Ketua Harian Muaythai Indonesia-Mimika, Jones Ayorbaba berfoto bersama empat atlet asal Mimika, Minggu (10/10/2021). (Foto: Sahirol/Humas PPM PON XX Sub Mimika)
Ketua Harian Muaythai Indonesia-Mimika, Jones Ayorbaba berfoto bersama empat atlet asal Mimika, Minggu (10/10/2021). (Foto: Sahirol/Humas PPM PON XX Sub Mimika)

TIMIKA | Empat Atlet Muaythai Papua asal Kabupaten Mimika pulang usai menang di PON XX Papua 2021, Minggu (10/10/2021).

Saat dijemput oleh Ketua Harian Muaythai Indonesia-Mimika, Pere Omaleng di Bandar udara Mozes Kilangin, Keempat atlet dengan bangga berkalung medali.

Sekelompok warga Mimika juga datang menyambut dengan sorak-sorai dan kegembiraan.

Keempat atlet yang pulang, yakni Jekson Karmelea membawa medali emas, juga ada tiga medali perak dibawa oleh Abdul Rahman, Rahmat Rizal Gozali dan Muhammad Yull Alija.

Pemenang Emas di kelas 57kg, Jekson Karmela mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak.

Bagi Jeki (sapaan, red), debutnya di PON merupakan perdana. Meski demikian, diakui prestasinya bukan tanpa kerja keras.

Jeki yang sejak Desember, 2017 masuk ke Pelatnas harus menjalani pola latihan dan disiplin yang keras agar tampil maksimal di atas ring.

Akibatnya, tidak jarang Mahasiswa Universitas Cenderawasih ini absen kuliah.

Tim Muaythai Papua mendulang 13 medali dalam PON XX 2021. Prestasi ini terbilang di luar target sebab pada awal, pelatih Jones Ayorbaba hanya menargetkan satu emas bagi para petarungnya.

“Dulu waktu saya jadi pelatih PON di 2020, sampai setelah saya, kami target hanya satu emas, ini bahkan melebihi. Kami bangga,” ungkapnya.

Pere Omaleng, Ketua Umum Muaythai Indonesia-Mimika menyambut hangat kedatangan para petarung. Dikatakan Pere, prestasi yang didapatkan saat ini harus dijadikan motivasi untuk meraih prestasi yang lebih besar di masa mendatang.

“Saya dan Bapak Bupati juga sampaikan selamat untuk seluruh tim. Kami bangga, sudah mengharumkan nama Mimika dan Papua di ajang Nasional ini,” kata Pere.

Sementara, Sekum Panitia Sub PB PON XX Papua Klaster Mimika , Cesar Avianto Tunya mengatakan pihaknya bangga atas perjuangan para atlet di kejuaraan PON XX.

“Kami bangga, ada atlet-atlet asal Mimika yang sudah menggoreskan sejarah untuk Mimika. Ini membuktikan bahwa kita bisa, torang bisa bersaing di luar,” kata Cesar.

Perihal hadiah khusus dari KONI Mimika, kata Cesar, pihaknya masih mendiskusikan hal tersebut bersama Ketua Umum KONI Mimika, Eltinus Omaleng.

Namun Cesar pastikan hadiah dari Pemerintah Provinsi Papua sebesar Rp1 milyar sudah menanti pemegang medali emas.

reporter : Yonri
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.