Empat Jenis Penyakit ini Belakangan Meningkat di Mimika

Reynold Ubra. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Reynold Ubra (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Reynold Ubra mengungkap empat jenis penyakit yang meningkat belakangan ini.

Dijelaskan, dalam lima minggu terakhir penyakit yang meningkat diantaranya malaria, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), diare dan salmonela tipi atau biasa disebut tipes.

Reynold mengatakan, semua jenis penyakit ini merupakan penyakit berbasis lingkupan dan juga perilaku hidup sehat masyarakat.

“Kita lihat cuaca kondisi hari ini kami berharap masyarakat lebih bijaksana melindungi dirinya dengan perilaku hidup bersih dan sehat,” kata Reynold di Timika, Selasa (13/9/2022).

Perilaku hidup sehat yang perlu dilakukan ialah dengan istirahat teratur, olahraga, menjaga protokol kesehatan dan juga mengurangi Aktifitas diluar rumah.

Seperti penyakit diare itu penyakit berbasis lingkungan. Sedangkan untuk tipes juga dari perilaku kehidupan masyarakat.

“berikut tipes itu indikator bahwa tercemar makanannya dengan tinja manusia tinja hewan karena pengolahan makanan ataupun mencuci tangan tidak bersih,” jelasnya.

Sedangkan untuk malaria, selain menjaga kebersihan lingkungan dan pola hidup sehat, perilaku minum obat juga perlu diatur.

“Jadi sebenarnya pengendaliannya terpola, kitta jaga perilaku hidup bersih kemudian jaga lingkungan kita,” kata Reynold.

Ia menambah, keempat penyakit ini adalah pola bagaimana secara jelas derajat kesehatan masyarakat sangat dipengaruhi, terutama lingkungan.

reporter : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.