Empat Putra Pesisir Lulus Casis Polri

Keempat Orang Putra Potowayburu yang lolos menjadi Anggota Kepolisian. (Foto: Ist)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Empat pemuda dari pesisir Mimika, yakni wilayah Potowayburu, Distrik Mimika Barat Jauh dinyatakan lulus bersamaan dengan 1.996 Casis Bintara Polri tahun 2024 dari tiga Provinsi, Papua, Papua Tengah dan Papua Selatan.

Empat putra pesisir yang dinyatakan lulus adalah Stevanus Edowai, Alex Rivaldo Wanoma, Beatus Tamotani dan Laurensius Warai.

Kapolsek Mimika Barat Jauh Ipda Muhamad Yani mengatakan empat putra pesisir itu merupakan calon anggota polisi pertama dari Mimika Barat Jauh yang juga merupakan hasil binaannya.

“Merupakan suatu kebanggaan buat kami masyarakat di Distrik Mimika Barat Jauh,” ujar Yani, dalam keterangan tertulis yang diterima media ini, Rabu (10/9/2024).

Yani mengaku, empat putra pesisir itu merupakan binaannya atas petunjuk dari Kapolda Papua melalui Kapolres Mimika.

“Atas petunjuk beliau bahwa harus merekrut anak-anak asli Papua dari pegunungan maupun pesisir, khususnya wilayah Potowayburu,” katanya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Kapolda dan Kapolres serta panitia yang telah memberikan ruang untuk anak-anak pesisir, sehingga bisa menjadi abdi negara serta memberikan dampak dan warna baru bagi masyarakat pesisir di Potowayburu.

Para Casis Bintara Polri yang dinyatakan lulus itu akan melanjutkan pendidikan di SPN luar Papua seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, dan akan dilanjutkan dengan magang selama setahun.

Peserta casis yang lulus itu terdiri dari 70 persen Orang Asli Papua (OAP) dan 30 persen Non OAP.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan