ESI Mimika Series I: Jaelani Jawara e-Football, Forza Terbaik di Mobile Legends

PEMENANG | Para peserta pemenang turnamen ESI Mimika Series I berpose bersama panitia usai prosesi penyerahan hadiah di ballroom hotel Horison Ultima Timika, Mimika, Papua, Jumat (3/6/2022). (Foto: Ist)
PEMENANG | Para peserta pemenang turnamen ESI Mimika Series I berpose bersama panitia usai prosesi penyerahan hadiah di ballroom hotel Horison Ultima Timika, Mimika, Papua, Jumat (3/6/2022). (Foto: Ist)

TIMIKA | Elektronik Sports Indonesia (ESI) Kabupaten Mimika, Papua sukses menggelar turnamen bertajuk ‘ESI Mimika Series I’ yang dilaksanakan mulai dari tanggal 1 sampai 3 Juni 2022.

ESI Mimika Series I melombakan dua game eSports, Mobile Legends Bang Bang (MLBB) dan eFootball “PES2022” serta memperebutkan dana pembinaan sebesar Rp14,5 juta.

Babak online delapan besar hingga final untuk Mobile Legends Bang Bang serta babak penyisihan hingga final eFootball, dihelat di ballroom Hotel Horison Ultima Timika, Jumat (3/6/2022). Untuk penyisihan Mobile Legends sendiri, sudah dilaksanakan secara online pada tanggal 1-2 Juni 2022.

Dalam turnamen ini, e-Football terdapat 34 peserta yang telah mengikuti dan menyelesaikan hingga babak final, begitu juga Mobile Legends yang berjumlah 24 tim atau squad.

Untuk hasil akhir turnamen e-Football, Muhammad Jaelani keluar sebagai jawara pertama, kemudian diposisi kedua ada Audio Baskara Titalesy, dan posisi ketiga diraih oleh Damai Natalino Christiano.

Sedangkan turnamen Mobile Legends, Forza masih menjadi yang terbaik, setelah sebelumnya tim ini membawa nama baik ESI Mimika dan Kabupaten Mimika mewakili Provinsi Papua pada ajang eksibisi eSports PON XX Papua, di Jayapura. Selanjutnya juara kedua diraih oleh tim Mata Dalam, juara ketiga diraih tim Sadboy, dan juara harapan diraih tim TKWD.

 

 

 

Pengurus ESI Mimika, Oshin Octaviany Siku dalam penutupan turnamen ESI Mimika Series I menjelaskan, pendaftaran turnamen sebelumnya dibuka pada tanggal 27-31 Mei 2022 dengan total peserta sebanyak 130 atlet, terdiri dari 34 player e-Football serta 24 tim Mobile Legends.

Ia juga mengatakan, melihat antusias para atlet eSports dalam beberapa turnamen yang diadakan ESI Mimika, pihaknya berkomitmen bisa terus membuat turnamen eSports guna mencari bibit atlet eSports yang nantinya dapat dipersiapkan, terutama mewakili Kabupaten Mimika mengikuti ajang kejuaraan atau turnamen baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional.

“Kami ESI Mimika berkomitmen untuk terus mengadakan turnamen atau latihan untuk bisa mencari bibit-bibit muda, yang nantinya bisa kita bawa ke tingkat provinsi bahkan ke tingkat nasional,” katanya.

Selain itu, ESI Mimika juga menyampaikan ucapan terima kasih atas suksesnya penyelenggaraan turnamen ESI Mimika Series I, yangmana tidak terlepas dari dukungan para pihak terutama Pemerintah Kabupaten Mimika dan KONI Mimika, serta pihak lainnya yang turut memberi dukungan.

Perwakilan dari Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) KONI Mimika, Reddy Wijaya, sekaligus mewakili Ketua Umum KONI Mimika, Eltinus Omaleng dan Sekretaris Umum Cessar Avianto Tunya, pada kesempatan itu menyampaikan pesan dari Ketua dan Sekretaris Umum KONI kepada para atlet eSports di Mimika, peserta turnamen, hingga ESI Mimika.

Yangmana Ketua Umum KONI menitip pesan kepada tim e-Sports jebolan ESI Mimika yang telah berhasil mewakili Provinsi Papua dalam ajang eksebisi e-Sports PON XX di Jayapura.

“Kami memohon maaf juga, ketua umum kami belum bisa hadir, dan beliau menitip pesan mengucapkan banyak terima kasih yang kemarin pada saat PON, tim dari kita Mimika mewakili Papua di eksebisi e-Sports PON XX,” ucap Reddy Wijaya.

Selanjutnya pesan atau kabar baik dari Sekretaris Umum KONI bahwa, nantinya cabang olahraga eSports dari ESI Mimika akan diikutkan pada pra PON yang akan diselenggarakan di Aceh menjelang perhelatan PON XXI tahun 2024.

“Mudah-mudahan atlet kami terpilih dan bisa melewati pra PON nanti,” harapnya.

Kemudian Reddy pun berharap turnamen ESI Mimika Series tidak hanya sampai disini, melainkan dapat berlanjut hingga ke seri-seri selanjutnya.

“Kalau bisa kita jalan terus, kita lahirkan bibit-bibit eSports di Kabupaten Mimika, kalau bisa kelompok umur,” harapnya.

“Untuk tim dan peserta yang sudah berlomba pada hari ini, untuk yang belum juara jangan berkecil hati, kesempatan masih banyak dan masih ada kesempatan untuk juara nanti. Kemudian yang mendapat juara, agar terus berlatih dan memberi motivasi bagi teman-teman yang lain,” pesan Reddy.

 

reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.