Evakuasi Hanya Butuh Waktu 1 Jam, Korban Pesawat Susi Air Jatuh Alami Luka Robek dan Patah Tulang

TERLUKA | Pilot pesawat Susi Air PK-BVM, Captain Doyle Peter dalam kondisi terluka saat dievakuasi Tim SAR ke RSUD Mimika, Papua, Kamis (23/6/2022). (Foto: Ist)
TERLUKA | Pilot pesawat Susi Air PK-BVM, Captain Doyle Peter dalam kondisi terluka saat dievakuasi Tim SAR ke RSUD Mimika, Papua, Kamis (23/6/2022). (Foto: Ist)

TIMIKA | Para korban pesawat Susi Air PK-BVM yang mengalami kecelakaan di Kampung Duma, Kecamatan Dumadama, Kabupaten Paniai, Papua, mengalami kondisi patah tulang hingga luka robek akibat benturan keras saat pesawat mengalami crash, Kamis (23/6/2022).

Tim SAR gabungan melalui Komandan Lanud Yohanis Kapiyau Timika, Letkol Pnb Slamet Suhartono menyebut, akibat kecelakaan itu sejumlah korban mengalami kondisi cukup parah akibat benturan keras saat pesawat crash. Namun seluruh korban masih dalam keadaan sadar.

“Ada kondisi-kondisi cukup parah dari mereka. Ada yang patah kaki, patah tangan, ada yang robek kepala, ada pendarahan. Jadi memang mereka butuh evakuasi segera, dan Alhamdulillah itu bisa kita laksanakan,” ujar Danlanud di Timika usai proses evakuasi.

Ia juga menyebut, operasi SAR gabungan terhadap para korban kecelakaan pesawat Susi Air jenis Pilatus cukup cepat, meski 2 unit helikopter dikerahkan, ternyata hanya menggunakan satu helikopter Caracal milik TNI-AU.

“Tadi, total waktu dari kita airborne melaksanakan pencarian, evakuasi dan kembali, tidak lebih dari 1 jam. Jadi cukup cepat. Walaupun kita tahu disebelah utara kan awan, dan daerah Duma itu pegunungan, posisi jatuhnya juga di lembah,” terangnya.

Dari tujuh korban termasuk pilot dan kru, hanya lima korban yang dievakuasi dari lokasi kejadian ke RSUD Kabupaten Mimika untuk mendapatkan penanganan medis. Sedangkan dua korban lainnya lebih memilih tinggal, lantaran merupakan warga asli setempat dan telah diamankan kerabat kedua korban.

Para korban yakni Captain Doyle Peter (pilot), Lukas Dimpau, Seru warkus Diabelu, Leo Pimpiau, Philipus Dimpau, Ficken Dimpau dan Melina Dimpau.

Kecelakaan pesawat Susi Air berada di posisi koordinat 04°02′ 54.00″S / 136° 43′ 0600 E, dengan jarak 38 mil, radius 343.81° dari Timika.

Pesawat tersebut sebelumnya pagi tadi take off dari Timika menuju Duma. Kemudiaan setelah take off untuk kembali ke Timika, pesawat mengalami kecelakaan di wilayah lembah sekitar perbukitan Kampung Duma, yang berjarak sekitar 1 km dari Lapangan Terbang Duma.

reporter : Arifin, Saldi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.