Fasilitas Olahraga Eks PON dan Peparnas Dimanfaatkan untuk Lahirkan Talenta Baru

Presiden Joko Widodo bermain bola bersama anak-anak di Stadion Lukas Enembe, Rabu (31/8/2022). (Foto: Vidi/Seputatpapua)
Presiden Joko Widodo bermain bola bersama anak-anak di Stadion Lukas Enembe, Rabu (31/8/2022). (Foto: Vidi/Seputatpapua)

JAYAPURA | Presiden Joko Widodo mengharapkan fasilitas olahraga eks PON XX dan Peparnas XVI yang telah dibangun pemerintah dapat dimanfaatkan untuk melahirkan talenta-talenta olahraga agar bisa memperkuat tim Nasional Indonesia kedepannya.

“Penggunaan fasilitas-fasilitas olahraga di Papua waktu PON XX harus dirawat dan di jaga karena fasilitas ini berstandar Internasional, harus dimanfaatkan dan harus produktif penggunaannya,” kata Presiden Jokowi usai meluncurkan Papua Football Academy, Rabu (31/8/2022) di Stadion Lukas Enembe.

Presiden menilai penggunaan fasilitas olahraga yang benar dan berkesinambungan untuk melahirkan talenta olahraga harus disiapkan dengan benar dan tepat sasaran.

“Kita melihat talenta-talenta utamanya di olahraga, Papua ini memiliki kekuatan, sehingga wajar kalau kita sampaikan, Papua sebagai provinsi olahraga karena tidak hanya sepakbola saja, ada atletik, dayung dan olahraga lain semuanya,” ujarnya.

Oleh sebab itu, adanya Papua Football Academy menjadi wadah pembinaan yang tepat dalam mengembangkan talenta-talenta anak Papua sejak usia dini.

“Sehingga dimulai harus pembinaan sejak dini di Papua Football Academy, dimulai dari U-12 hingga U-13 dan kedepan mereka bisa masuk U-14, U-16, U-19 dan kemudian bisa masuk ke tim elit Timnas Indonesia maupun di dunia. Tapi memang harus dari usia dini, tanpa meninggalkan yang namanya pendidikan sekolah yang terpenting,” harap Jokowi.

Kata Presiden Jokowi, pelatih yang mendapingi juga sangat baik, ditunjang dengan fasilitas olahraganya yang memadai.

“Lapangannya lebih dari cukup, sehingga kita cukup menunggu hasilnya, dan saya yakin hasilnya pasti ada. Nanti kelihatan berapa yang masuk U-14, seleksi yang bisa masuk elit sepakbola nasional, sehingga muncul dan lebih dari Rully Nere, Alex Pulalo, Yohanes Ayuri, Boaz Solossa, Ramai Rumakiek, Ricky Kambuaya. Dan semuanya bisa mengejar mereka, tapi dengan kualitas yang jauh lebih baik, karena itu harus disiapkan,” tandas Presiden.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.