Festival Asmat Pokman Digelar, Hadirkan 590 Seniman dan Seniwati

Wakil Bupati Asmat Thomas E. Safanpoa ketika menabuh tifa sebagai tanda resmi membuka Festival Asmat Pokman di Kota Agats, Jumat (7/10/2022) (Foto: Aditra)
Wakil Bupati Asmat Thomas E. Safanpoa ketika menabuh tifa sebagai tanda resmi membuka Festival Asmat Pokman di Kota Agats, Jumat (7/10/2022) (Foto: Aditra)

ASMAT | Festival Asmat Pokman yang dikenal sebelumnya Pesta Budaya Asmat kembali digelar setelah tiga tahun terhenti akibat pandemi Covid-19.

Festival Asmat Pokman ke 35 berlangsung sejak 6-12 Oktober 2022, dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Asmat Thomas Eppe Safanpo bersama Uskup Keuskupan Agats Mgr. Aloysius Murwito serta tamu undangan lainnya, Jumat (7/10/2022) di Lapangan Yos Sudarso, Kota Agats.

Festival Asmat Pokman diikuti 590 seniman dan seniwati, terdiri dari 200 pengukir, 60 pengayam, 180 penari dan 150 manuver perahu.

Para peserta berasal dari sejumah suku di Kabupaten Asmat.

Uskup Keuskupan Agats Mgr. Aloysius Murwito, mengatakan Festival Asmat Pokman dalam rangka menjaga, melestarikan budaya Suku Asmat. 

Suku Asmat kaya akan karya seni dan memiliki simbol-simbol yang bermakna. Simbol-simbol itu terungkap dalam persekutuan masyarakat asmat.

Untuk itu, Uskup Aloysius berpesan agar seni budaya Asmat jangan sampai hilang termakan oleh perkembangan zaman.

“Terimakasih juga kepada pemerintah daerah yang sudah sekian tahun mengorganisir kegiatan pesta budaya Asmat,” pungkas Uskup Aloysius.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Aditra
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.