Festival Budaya Sejuta Rawa, Ajang Promosi Mappi ke Pentas Dunia

Pembukaan festival sejuta rawa di Mappi, Senin (5/12/2022). (Foto: Ist)
Pembukaan festival sejuta rawa di Mappi, Senin (5/12/2022). (Foto: Ist)

MAPPI | Festival Budaya Sejuta Rawa yang digagas Penjabat Bupati Mappi, Papua Selatan, Michael Rooney Gomar mulai digelar, Senin (5/12/2022).

Festival ini menghadirkan 6 suku besar asli Mappi yakni Suku Yaqhai, Awyu, Koroway, Wiyagar, Asmat dan Tamario.

6 suku ini tampil mempertunjukan kekayaan budaya dalam bentuk tarian perahu, ukiran, noken, atraksi tarian suku dan lainnya.

Festival ini akan berlangsung hingga Rabu 7 Desember 2022, dan secara resmi dibuka Pj Bupati Mappi Michael Gomar.

Hadir dalam pembukaan festival Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, Danrem 174/ATW Merauke Brigjen TNI E Reza Pahlevi, Kepala Dinas Pariwsata Provinsi Sulawesi Barat Farid Wadji, Forkopimda dan tokoh adat Mappi.

Pembukaan festival dilakukan di Muara Wimawan dan tempat pemandian Soba. Bupati Gomar bersama tamu undangan menyusuri rawa menggunakan perahu diringi masyarakat menggunakan perahu dan pakaian adat.

Bupati Gomar menyatakan Indonesia memiliki kekayaan adat budaya dan seni yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Mappi yang merupakan bagian dari Provinsi Papua Selatan memiliki keunikan budaya yang tidak dimiliki daerah bahkan negara lain.

Papua kata Bupati Gomar, adalah miniatur Indonesia. Semua suku bangsa ada di Papua. Begitu pula di Mappi, selain 6 suku asli, juga terdapat suku nusantara yang hidup rukun, bergandengan tangan bersatu padu membangun Mappi.

Untuk memperkenalkan Mappi ke dunia luar, maka digelar Festival Budaya Sejuta Rawa sebagai ajang promosi memperlihatkan keberagaman seni dan budaya Mappi.

Kegiatan ini akan dijadikan agenda rutin tahunan yang bisa menarik wisatawan domestik dan internasional. Dengan begitu Mappi bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Papua.

Tumbuhnya pariwisata tentunya berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi Mappi dengan berkembangnya UMKM dan usaha yang dijalankan oleh mama-mama asli Papua dan masyarakat umum.

Tidak hanya itu, festival ini menjadi ajang seleksi dan media kreasi bagi pemuda-pemudi dan pelaku seni agar bisa bersaing sampai ke luar negeri. Sekaligus sebagai cara untuk mengajak generasi muda melestarikan dan mengembangkan adat budaya sebagai potensi kekayaan Mappi.

Pada hari kedua, Selasa (6/12/2022) digelar Kirab Budaya Nusantara, pertunjukan seni budaya, pameran kuliner, pameran kerajinan lokal dan penampilan band lokal.

Puncaknya, Rabu (7/12/2022) akan diisi dengan panggung hiburan dengan menghadirkan penyanyi asli Papua jebolan Indonesian Idol Nobo Sasamu dan Michael Jakarimilena dan Lala Suwages.

 

Tanggapi Berita ini
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.