Filep Karma, Aktivis Kemerdekaan Papua Ditemukan Meninggal Dunia di Pantai Base G

Filep Karma ditemukan terbujur kaku dengan kondisi jasad sudah membengkak. (Foto: Ist)
Filep Karma ditemukan terbujur kaku dengan kondisi jasad sudah membengkak. (Foto: Ist)

TIMIKA | Filep Karma yang merupakan aktivis kemerdekaan Papua ditemukan meninggal dunia di pantai Base G, Kota Jayapura, Papua tadi pagi, Selasa (1/11/2022).

Jenazah Filep Karma ditemukan warga berada di sisi kiri bibir pantai Base G menggunakan pakaian menyelam.

Setelah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), jenazah Filep Karma dibawa petugas kepolisian setempat ke RS Bhayangkara untuk dilakukan tindakan selanjutnya guna mengetahui penyebab kematiannya.

Kepala Perwakilan Komnas HAM Papua, Frits Ramandey yang dikonfirmasi dari Timika dan kini berada di RS Bhayangkara menyatakan, jenazah yang Ia lihat benar adalah Filep Karma.

“Saya juga lagi berada di rumah sakit Bhayangkara lihat jenazah, dan pastikan ini Filep Karma,” kata Frits.

Informasi sementara yang diperoleh Komnas HAM dari tiga orang sumber, bahwa, terakhir kali bertemu Filep pada hari Minggu, 30 Oktober 2022. Saat itu jam 6 pagi, Filep Karma sedang menggunakan pakaian menyelam.

“Kita belum mendapat kronologi dia dengan siapa pergi. Tapi yang kami dapatkan dari tiga sumber, mereka bertemu dia (Filep Karma) itu di hari Minggu jam 6 pagi sedang menggunakan pakaian selam,” kata Frits.

Namun, untuk memastikan penyebab meninggalnya Filep Karma, Frits mengatakan masih menunggu kesimpulan dokter yang melakukan pemeriksaan terhadap jenazah korban.

“Dokter yang boleh memberi kesimpulan tentang penyebab kematian,” ujarnya.

“Saya dapat informasi itu tadi pagi jam 7, ada masyarakat yang temukan di pantai Base G,” pungkasnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Saldi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.