Fraksi Gerindra dan Hanura ‘Walk Out’ dari Rapat Paripurna LKPJ Pemda Mimika

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Mimika, Nurman M Karupukaro. (Foto: Mujiono/SP)
Ketua Fraksi Gerindra DPRD Mimika, Nurman M Karupukaro. (Foto: Mujiono/SP)

TIMIKA | Fraksi Gerindra dan Partai Hanura di DPRD Mimika ‘walk out’ atau keluar dari ruang Rapat Paripurna I Masa Sidang III, tentang laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) dan Pembahasan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD (PP-APBD) Kabupaten Mimika Tahun Anggaran 2019, yang digelar di ruang rapat paripurna DPRD Mimika, Rabu (9/9).

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Mimika M Nurman Karupukaro mengatakan, Fraksi Gerindra memiliki prinsip teguh dalam melaksanakan tugas.

Ia menjelaskan, ada beberapa faktor yabg menyebabkan Fraksi Gerindra walk out, yakni materi LKPJ baru diterima dua hari lalu sehingga dirasa tidak cukup bagi anggota DPRD mempejari laporan tersebut.

“Tentunya harus ada waktu untuk mempelajari materi sebelum pembukaan sidang,”katanya.

Selanjutnya menurut Nurman, jadwal paripurna belum diplenokan menjadi jadwal Bamus DPRD. Padahal hasil Bamus itu merupakan keputusan DPRD sebagai lembaga bukan pimpinan. Karena keputusan DPRD itu kolektif kolegial.

Kemudian faktor lain yang menyebabkan Fraksi Gerinda, yakni anggota DPRD baru dilantik satu tahun lalu dan selama ini belum melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) terhadap seluruh undang-undang, mulai dari pengawasan, tata kerja DPRD, dan lainnya.

IKLAN-TENGAH-berita

“Bimtek ini akan menjadi acuan anggota DPRD dalam melaksanakan tugas,” katanya.

Ditambah lagi, banyak pokok pikiran (pokir) dari DPRD 2019 yang tidak terakomodir dalam LKPJ. Sehingga ini harus dipertanyakan ke pemerintah, apa yang menjadi penyebabnya.

“LKPJ ini merupakan program yang disusun pada saat DPRD periode 2019. Sehingga pastinya ada perubahan-perubahan nilai dan ini belum ditetapkan oleh DPRD sebelumnya,” terangnya.

Prev1 of 3

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar