Freeport Berikan Bantuan Makanan untuk Masyarakat Terisolasi Akibat Bencana Banjir Longsor

Bantuan makanan dari PT Freeport Indonesia kepada masyarakat terdampak bencana banjir longsor di perkampungan Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah. (Foto: Ist)
Bantuan makanan dari PT Freeport Indonesia kepada masyarakat terdampak bencana banjir longsor di perkampungan Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah. (Foto: Ist)

TIMIKA | PT Freeport Indonesia (PTFI) menyerahkan bantuan sebanyak 520 Kg makanan pokok untuk masyarakat korban banjir dan longsor yang terisolasi di perkampungan di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Bantuan ini diserahkan Vice Presiden (VP) Community Relations PTFI, Engel Enoch melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika di Posko BPBD TRC SP 5 Timika, pada Rabu, 30 Agustus 2023.

VP Community Relations PTFI menyampaikan bahwa Freeport turut bersimpati atas bencana alam yang terjadi di perkampungan Distrik Tembagapura, seperti Jagamin, Baluni dan Aroanop yang menyebabkan putusnya jembatan penghubung antar kampung.

“Setelah mendengar laporan dari wilayah tersebut, kami bergegas menyiapkan bantuan bahan makanan pokok yang dapat langsung dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kami akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah (Pemda), mengikuti perkembangan situasi, serta mengidentifikasi kebutuhan mendasar di lokasi,” kata Engel Enoch dalam keterangan yang diterima media ini, Jum’at (1/9/2023).
 
Bencana banjir dan longsor yang terjadi akibat hujan deras, terjadi pada 25 Agustus 2023. Tiga jembatan yang menghubungkan antar kampung terputus. Kebun milik masyarakat di sepanjang pinggiran sungai juga mengalami kerusakan. Hal ini membuat masyarakat yang terdampak kesulitan untuk mendapatkan makanan dan minuman serta mengakses kebun lantaran akses yang terputus.

Bantuan sebanyak 520 Kg berupa bahan makanan seperti kornet, sarden, dan minyak goreng guna melengkapi bantuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika menjadi 2,5 ton bahan makanan.

Bantuan ini selanjutnya akan di distribusikan oleh Pemkab Mimika ke wilayah terdampak menggunakan transportasi udara.

Kepala BPBD Mimika Yosias Lossu mengapresiasi Freeport atas bantuan kemanusiaan yang diberikan kepada masyarakat yang terdampak.

“Kami berterima kasih kepada PTFI yang membantu kami menghadapi situasi menantang seperti saat ini, di mana akses terhadap bahan makanan menjadi hal yang krusial,” kata Yosias.
 
BPBD Mimika saat ini telah mengumpulkan sebanyak 2,5 ton bantuan dari Pemkab dan PTFI. Bantuan yang telah dikirimkan dalam tiga hari terakhir sebanyak 146 kilogram.

“Semoga kerjasama yang baik PTFI bersama Pemerintah kedepannya dapat dilakukan secara berkelanjutan, serta bantuan yang kami terima dapat segera di distribusikan untuk membantu masyarakat yang terdampak,” pungkas Yosias.

penulis : Anya Fatma
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan