seputarpapua.com

Freeport Indonesia Dukung Papua Tingkatkan Akses Air Bersih dan Layak

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
FASILITAS | PTFI memiliki fasilitas sekitar 500 Drinking Stations disediakan di area publik, area kerja dan perkantoran. (Foto: Ist/seputarpapua)
FASILITAS | PTFI memiliki fasilitas sekitar 500 Drinking Stations disediakan di area publik, area kerja dan perkantoran. (Foto: Ist/seputarpapua)

TIMIKA | Hari Air Sedunia yang jatuh pada setiap tanggal 22 Maret menjadi momentum bagi sebagian masyarakat dunia untuk merefleksikan makna kesetaraan akses masyarakat terhadap air bersih dan layak.

Pada Hari Air Sedunia tahun 2021 ini, PT. Freeport Indonesia (PTFI) mengajak seluruh pihak bergandeng tangan, membantu meningkatkan akses masyarakat terhadap air bersih dan layak.

Lenny Josephina, Manajer General Construction & Special Project PTFI mengatakan seluruh upaya PTFI dalam menyediakan akses air bersih dan layak merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam memberikan kontribusi bagi Indonesia.

“Kami berharap, kolaborasi PTFI dengan banyak pihak dapat terus mewujudkan harapan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua,” katanya melalui siaran pers yang diterima seputarpapua.com, Selasa (23/3/2021).

Dalam mendukung pemanfaatan air bersih di wilayah kerja, kata Lenny, PTFI terus menggalakkan program #SaPuAir, yakni pemanfaatan air minum menggunakan botol minuman isi ulang, dan memperbanyak penyediaan sarana drinking station di lingkungan internal perusahaan sejak tahun 2019.

“Ini dirancang untuk menjamin ketersediaan air minum higienis secara mandiri di lingkungan kerja perusahaan, serta menekan penggunaan air minum dalam kemasan di area perusahaan. Program ini dilakukan dengan mengolah lebih dari 50 sumber air alami di area kerja menjadi air minum yang bersih dan layak bagi para karyawan,” katanya.

Menurut Lenny, sejak zaman prasejarah, air memegang peran vital sebagai salah satu penopang peradaban manusia.

Air tidak hanya berfungsi sebagai sumber kehidupan untuk memenuhi kebutuhan manusia akan cairan tubuh, namun juga memegang peran kunci dalam aktivitas dan pembangunan manusia di berbagai bidang kehidupan, mulai dari pertanian, perikanan, transportasi, peribadatan, pariwisata, dan lain sebagainya.

“Terutama di masa pandemi, air berperan sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh masyarakat,” kata Lenny.

Berita Terkait
Baca Juga