Freeport Perbaiki Beberapa Sarana MSC Sesuai Petunjuk PB PON XX Papua

TINJAU - Perwakilan Manajemen PT Freeport Indonesia saat meninjau Venue Atletik di kompleks Mimika Sport Complex. (Foto: Muji/Seputarpapua)
TINJAU - Perwakilan Manajemen PT Freeport Indonesia saat meninjau Venue Atletik di kompleks Mimika Sport Complex. (Foto: Muji/Seputarpapua)

TIMIKA | PT Freeport Indonesia dalam waktu dekat melakukan beberapa perbaikan dan memasang branding di Mimika Sport Complex (MSC) yang terletak di Jalan Poros Timika-SP5, Papua tepat di depan Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika.

Untuk mempersiapkab perbaikan, Jumat (21/5/2021), Manajemen PT Freeport Indonesia diwakili Corporate Communication (Corpcorm) dan Government Relation (Govrel) melakukan survei ke MSC.

Manager External & Media Relations PTFI Kerry Yarangga menjelaskan, secara keseluruhan MSC sudah siap digunakan untuk pertandingan beberapa cabang olahraha saat PON September nanti.

Namun ada beberapa catatan dari PB PON terkait perbaikan fasilitas penunjang dan pencahayaan di area MSC.

“Catatan-catatan itu sudah disampaikan ke Freeport agar melakukan perbaikan dan melengkapinya, karena MSC masih dirawat oleh Freeport,” ujarnya.

Selama perbaikan, Freeport menutup fasilitas olahraga tersebut selama tiga bulan.

“Karena akan dilakukan perbaikan atau renovasi, maka kemungkinan selama tiga bulan kedepan MSC ditutup untuk umum,”ujarnya.

Tidak hanya melakukan perbaikan, Freeport juga akan memasang branding dengan tujuan menyampaikan kepada masyarakat umum bahwa MSC dibangun oleh Freeport, sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah daerah dalam menyukseskan PON XX terlebih khusus dalam peningkatan prestasi di bidang olahraga di Papua.

Sementara terkait pemindahtanganan MSC dari PTFI ke Pemkab Mimika, Kerry mengatakan, untuk hal itu masih dibicarakan, apakah nantinya dalam pelaksanaan PON XX sudah sepenuhnya ditangani pemerintah daerah atau tidak.

Namun yang jelas, saat ini fokus Freeport adalah mempersiapkan MSC untuk pelaksanaan PON XX.

“Fokus terhadap kesiapan MSC dalam menunjang PON XX ini wujud nyata dari Freeport dalam mendukung suksesnya pelaksanaan PON di Papua, terlebih khusus di Mimika,” ungkapnya.

MSC dibangun PT Freeport Indonesia dengan biaya sekitar 33 juta US dollar di atas lahan seluas kurang lebih 12,5 hektare..

Advertisements

Sarana di MSC mencakup stadion tertutup (indoor stadium), lintasan lari dengan tribun barat dan tribun timur, asrama atlet, serta bangunan penunjang lainnya.

Stadion tertutup diperuntukkan bagi arena cabang olahraga badminton, bola basket, bola voli dan beladiri. Stadion itu dirancang agar dapat menampung sekitar 5.000-5.500 penonton, termasuk 75 penonton VIP, serta dilengkapi dengan area pertokoan dan perkantoran di dalamnya.

Sementara stadion terbuka dilengkapi dengan jalur lintasan lari jarak pendek dan menengah berstandar internasional serta beberapa cabang atletik lainnya seperti lempar lembing, tolak peluru, lompat tinggi, dan lompat jauh. Stadion terbuka dilengkapi dengan dua tribun utama di bagian barat berkapasitas 2.200 penonton dan bagian timur berkapasitas 1.300 penonton.

Advertisements

Sedangkan dua asrama atlet putra dan putri masing-masing mampu menampung 50 atlet dan tujuh pelatih di setiap asramanya, dengan total kapasitas sebanyak 100 atlet. Asrama tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas rekreasi (fitness/gym, tempat makan, dsb) yang terdapat di dalam asrama penunjang (support dormitory).

penulis : Mujiono
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan