Freeport Tanam Rumput Deschampsia Klossii di Area Grasberg Peringati Hari Ozon

TANAM | Penanaman rumput jenis descampsia klosii di area reklamasi Grassberg PT Freeport Indonesia. (Foto: Capture Instagram @freeportindonesia)
TANAM | Penanaman rumput jenis descampsia klosii di area reklamasi Grassberg PT Freeport Indonesia. (Foto: Capture Instagram @freeportindonesia)

TIMIKA | PT Freeport Indonesia melakukan penanaman 1500 rumput jenis deschampsia klossii di area reklamasi Grasberg pada 15 September 2022, dalam rangka memperingati Hari Ozon.

“Tahun ini memang unik kalau di Grasberg penghijauannya berupa penanaman rumput,” kata ACT Manager Enviromental CentraL System and Project Division Enviromental PTFI, Pratita Puradyatmika saat diwawancara, Senin (26/9/2022).)

Menanam rumput, kata Tito, tentu bukan tanpa alasan. Ini karena ekosistem disana tidak ada vegetasi atau tumbuh-tumbuhan yang berbentuk pohon, dan lebih banyak padang rumput seperti semak-semak yang ukurannya di bawah satu meter.

“Kalaupun ada satu meteran tuh beberapa jenis tertentu dan itu semak-semak berupa rumput paku-pakuan dan lain-lain. Tapi lebih dominan adalah padang rumput, jadi makanya kenapa namanya Gras (Grasberg) adalah rumput, atau padang rumput,” jelas Tito.

Kawasan yang terbuka itu juga mempengaruhi dalam hal produksi, sehingga perlu dilakukan penghijauan dengan menanam lebih banyak hijauan hingga tertutup oleh tumbuh-tumbuhan sehingga tingkat karbon itu bisa lebih meningkat.

Proses-proses metabolisme, fotosintesis dan respirasi dari tumbuhan itu nanti yang akan mengontrol peredaran CO2.

“Jadi di atas itu penanamannya rumput karena memang disesuaikan dengan ekosistem,” ucapnya.

Selain penanaman di area Grassberg, hari ozon yang diperingati setiap tanggal 16 September ini, Freeport juga mengadakan berbagai kegiatan hingga perlombaan bagi siswa tingkat SD dan SMP.

Kegiatan lain pada 16 September dilakukan sosialisasi tentang lingkungan di SMP YPJ Kuala Kencana, penanaman 500 pohon kelapa bersama mahasiswa di MP 39 dan juga ee Umar lingkungan hidup.

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.