Freeport Tingkatkan Profesional 250 Guru Melalui Program Orbit Guru Merdeka

Pimpinan PT Freeport Indonesia dan perwakilan Pemkab Mimika membuka kegiatan program orbit Guru Merdeka-Microsoft Certified Educator bagi guru TK, SD, SMP, SMA dan SMK di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah. (Foto: Arifin Lolialang/Seputarpapua)
Pimpinan PT Freeport Indonesia dan perwakilan Pemkab Mimika membuka kegiatan program orbit Guru Merdeka-Microsoft Certified Educator bagi guru TK, SD, SMP, SMA dan SMK di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah. (Foto: Arifin Lolialang/Seputarpapua)

TIMIKA, Seputarpapua.com | PT Freeport Indonesia (PTFI) menggelar program orbit Guru Merdeka-Microsoft Certified Educator bagi guru TK, SD, SMP, SMA dan SMK di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Kegiatan yang diikuti oleh 250 guru ini menghadirkan PT Orbit Ventura Indonesia, dan dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Sekretariat Daerah Pemkab Mimika, Inosensius Yoga Pribadi didampingi Senior Vice President (SVP) Sustainable Development PTFI, Nathan Kum, serta Chief of Programs & Operations Orbit Future Academy, Ravi K Menon di Ballroom Hotel Horison Diana, Kamis (11/7/2024).

Nathan Kum menyampaikan, PTFI berkomitmen untuk terus berkolaborasi bersama Pemkab Mimika dalam bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, ekonomi dan bidang lainnya.

Dikatakakan, kegiatan Orbit Guru Merdeka-Microsoft Certified Educator adalah CSR PTFI berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Mimika, sebagai salah satu komitmen dalam pelayanan pendidikan demi masa depan generasi Papua.

Kegiatan ini juga bagian dari misi PTFI untuk terus mendukung Pemkab Mimika dalam mengelola dan mengemban sumber daya manusia (SDM) dalam bidang pendidikan, terutama bagi masyarakat di sekitar wilayah operasional PTFI.

“Sampai saat ini, Freeport terus berkomitmen untuk bersama-sama pemerintah membangun Mimika di semua bidang. Begitupun kegiatan CSR hari ini, PTFI bersama Dinas Pendidikan dan PT Orbit Ventura Indonesia,” kata Nathan.

Program pelatihan bagi guru -guru ini bertujuan menjadikan pendidik yang profesional dan bersertifikasi, sehingga akan lebih siap meningkatkan kemampuan dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka.

Nathan mengatakan, guru-guru di Mimika merupakan guru yang luar biasa, karena mampu mengabdi pada wilayah yang tergolong sulit terjangkau, seperti di pegunungan dan pesisir.

“Mari kita tetap kerja sama dalam semua bidang. Memang banyak masalah yang kita hadapi, khusunya di wilayah pegunungan dan pesisir, tapi kalau kita kolaborasi, maka semua hal pasti bisa berjalan,” katanya.

Hal yang sama juga dikatakan Inosensius Yoga Pribadi. Ia mengatakan, program orbit Guru Merdeka-Microsoft Certified Educator merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama antar Dinas Pendidikan Mimika dan PTFI.

“Program CSR ini merupakan tanggungjawab sosial dan moral dari PTFI yang sangat luar biasa, dan kami sangat mengapresiasi itu,” kata Inosensius.

Pemkab Mimika juga berkomitmen dalam mendukung peningkatan kapasitas dan kapabilitas SDM, baik sebagai aparatur ataupun sebagai masyarakat. Komitmen dimulai dengan peletakan pondasi keilmuan bagi para tenaga pendidik agar menjadi tenaga pendidik yang profesional dan inovatif, sehingga bisa menghasilkan peserta didik yang berkualitas.

Advertisements

“Semoga semua guru yang hari ini ikut pelatihan bisa fokus dan memahami, sehingga bisa diterapkan di sekolah masing-masing,” tutupnya

Sementara itu, Chief of Programs & Operations Orbit Future Academy, Ravi K Menon, menuturkan bahwa kurikulum Merdeka sudah dimulai, dan para guru juga sudah tahu dan memahami bagaimana melaksanakannya. Namun, nyatanya saat ini belum semua guru yang paham, bahkan tidak tahu bagaimana mengajar dalam kurikulum ini.

Karena itu, Ravi mengatakan sangat bersyukur dan mengapresiasi PTFI yang ikut berpartisipasi dalam mendukung program dari Kemendikbud Ristek  untuk menyiapkan para guru untuk mengajar kurikulum Merdeka dari Orbit Guru Merdeka.

Advertisements

“Kami sangat terima kasih kepada PTFI yang mendukung program dari Kemendikbud Ristek ini,” kata Ravi.

Dijelaskan,) bahwa Orbit Guru Merdeka adalah wadah untuk para guru yang ingin mendapatkan ilmu dasar, khusunya ilmu mengajar menggunakan teknologi Microsoft Certified Educator (MCE).

penulis : Arifin Lolialang
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan