Gaet Partisipasi Pelajar, Student Athletics Champions Indonesia Hadir di Papua

Panitia dari DBL Indonesia melakukan sosialisasi kepada guru olahraga dan kepala sekolah di Kabupaten Mimika, Papua terkait penyelenggaraan Student Athletics Champions (SAC) Indonesia yang akan dihelat pada Oktober 2022. (Foto: Saldi/Seputarpapua)
Panitia dari DBL Indonesia melakukan sosialisasi kepada guru olahraga dan kepala sekolah di Kabupaten Mimika, Papua terkait penyelenggaraan Student Athletics Champions (SAC) Indonesia yang akan dihelat pada Oktober 2022. (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Pengurus Besar Persatuan Atletik Indonesia (PB PASI) menggandeng Development Basketball League (DBL) Indonesia menyelenggarakan Student Athletics Champions (SAC) Indonesia Papua Qualifiers di Kabupaten Mimika.

Penyelenggaraan Student Athletics Champions Indonesia Papua Qualifiers direncanakan berlangsung selama tiga hari, 7-9 Oktober 2022, bertempat di Mimika Sport Complex (MSC).

Menjelang pelaksanaan, panitia dari DBL Indonesia mengadakan sosialisasi kepada para guru olahraga maupun kepala sekolah, mulai tingkat SD hingga SMA, Selasa (20/9/2022), di Aula Sentra Pendidikan Kabupaten Mimika.

Perwakilan DBL Indonesia, Amir Juliamsyah, dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa SAC Indonesia merupakan hasil kolaborasi PB PASI dengan DBL Indonesia yang diadakan di sembilan qualifiers, salah satunya Papua Qualifiers guna menjaring partisipasi pelajar untuk mengenal olahraga atletik.

“SAC Indonesia sendiri fokus menjaring partisipasi sebanyak-banyaknya untuk membuka kesempatan emas kepada pelajar, di Mimika khususnya. Jadi bentuknya adalah partisipasi massal, sebanyak-banyaknya peserta yang ikut,” jelas Amir.

Ia berharap terdapat segudang pastisipasi dari para pelajar di Kabupaten Mimika untuk mengikuti iven ini. Sehingga kedepan, pelajar itu sendiri dapat memiliki minat hingga akhirnya tertarik dengan olahraga di bidang atletik ini.

“Syukur-syukur ketika binanaannya bagus, bisa jadi atlet atau yang dia (pelajar) inginkan,” ujarnya.

Sementara nomor lomba dalam Student Athletics Champions Indonesia ini, berbeda dari masing-masing tingkat. Untuk SD terdapat nomor lari jarak 60 meter, lari estafet 8×50 meter dan tambahan atletik anak atau kids athletics yaitu formula 1 dan kanga’s escape atau lari kanga.

Sedangkan di tingkat SMP terdapat nomor lari 80 meter, lari jarak menengah 800 meter, lari estafet 5×80 meter, tolak peluru dan lompat jauh. Untuk SMA terdapat nomor lari 100 meter, lari jarak menengah 1.000 meter, lari estafet 4×100 meter, tolak peluru dan juga lompat jauh.

“Sampai saat ini, 2 minggu pendaftaran antusiasnya Papua sudah di angka 364 peserta yang sudah mendaftar,” ungkapnya.

Alasan Kabupaten Mimika dipilih untuk diselenggarakan Student Athletics Champions Indonesia wilayah timur Indonesia, kata Amir, lantaran pastispasi pelajarnya dianggap terbesar saat ini, dan hal itu menurut pengamatan dari Ketua PB PASI Luhut Binsar Pandjaitan.

“Beliau (Ketua PB PASI) menganggap potensinya sangat besar, salah satunya sebelum dibentuk Papua Football Academy. Ada juga pelatnas atletik Indonesia timur diadakan disini juga. Jadi memang di fokuskan ke Mimika ini, memberikan kesempatan sebesar-besarnya pelajar di Mimika supaya bisa berkontribusi,” pungkasnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Saldi
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.