Gaji Guru P3K Papua Siap Dibayar, DPRP Harap Uang Cair ke Rekening Sebelum Natal

Suasana pertemuan tertutup membahas kepastian pembayaran gaji guru P3K Papua di ruang rapat DPRP, Selasa (13/12/2022) sore. (Foto: Alley/Seputarpapua)
Suasana pertemuan tertutup membahas kepastian pembayaran gaji guru P3K Papua di ruang rapat DPRP, Selasa (13/12/2022) sore. (Foto: Alley/Seputarpapua)

JAYAPURA | Ketua Komisi V DPR Papua, Kamasan Jackobus Komboy mengaku lega atas kepastian nasib gaji guru PPPK (Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja) atau P3K SMA/SMK di Provinsi Papua selama 11 bulan yang diperoleh dalam pertemuan yang diinisiasi Komisi V DPRP.

Pasalnya, kata Jack, Pemprov Papua siap membayar gaji ratusan guru P3K SMA/SMK Papua dengan menyiapkan anggaran hingga Rp46 miliar.

“Tadi dari keterangan BKAD, kalau tidak salah mereka sudah siapkan anggaran Rp42 miliar atau Rp46 miliar begitu,” ungkapnya kepada wartawan seusai rapat yang berlangsung tertutup ini.

“Kami juga  bersyukur karena pihak-pihak yang kemarin kami berharap hadir, hari ini semuanya hadir (pertemuan) dan mereka sudah memberikan klarifikasi dan kepastian,” kata Jack.  

Mengutip penjelasan Kepala DP2AD Protasius Lobya  dan BKAD, bahwa pembayaran gaji akan dilakukan sebelum 31 Desember 2022.

Tapi Komisi V DPRP menaruh harapan besar agar gaji tersebut dibayar sebelum perayaan Natal.

“Kalau bisa lebih cepat, ya lebih baik. Sebelum Natal lah kalau bisa,  karena tentu ada guru-guru yang beragama Kristiani yang juga merayakan hari Natal,”pinta Jack.

Gaji para guru P3K ini akan dibayarkan sesuai hak mereka sebagaimana yang tertuang di dalam SK.

“Di dalam SK itu kan mereka bekerja TMT (terhitung mulai tanggal) Februari 2022, jadi gajinya dibayarkan 11 bulan, bukan 2 bulan,” sebut Jack.

Masih dikatakan Jack, alasan keterlambatan pembayaran gaji karena kendala dalam memproses SK yang dikeluarkan.

Seperti klarifikasi dari Dinas Pendidikan dan BKD,  bahwa persoalan administrasi lantaran satu SK dengan SK  yang lainnya.

“Tadi penjelasan DP2AD dan BKD bahwa proses SK guru-guru ini cukup panjang karena menyangkut soal data. Apalagi kan diinput secara online, nah kalau datanya tidak pas maka keluarnya juga tidak ter-update. Jadi,  ini yang membuat keterlambatan pembayaran gaji,” bebernya.

Advertisements

Lebih jelas  DP2AD dan BKD juga sudah menyatakan SK 922 P3K akan dirampungkan dan para guru bisa mendapatkan haknya atas pengabdian selama ini.

Kepala DP2AD Papua Protasius Lobya menjelaskan perbedaan proses input data menjadi penyebab keterlambatan pembayatan gaji guru P3K SMA/SMK.

“Makanya Dinas P2AD perlu menyiapkan dokumen, SK, dan daftar yang selanjutnya diteruskan ke Badan Keuangan untuk proses,”katanya.

Advertisements

“Tapi yang pasti tadi badan keuangan jelaskan uangnya sudah ada, hanya masalahnya diproses saja karena harus buka rekening baru. Tapi pasti dibayarkan bulan ini,” tegas Lobya.

Sementara Koordinator Guru P3K Felisia Roswita mengungkapkan rasa bahagia atas perjuangan mereka yang akhirnya menuai kepastian.

Lanjut dia, pihak BKD pun menyuruh untuk membentuk kelompok, sehingga masing-masing kelompok bisa mengecek langsung ke Bank Papua terkait proses pencairan karena sudah dilakukan pembuatan buku rekening.

Advertisements

Hanya saja senada dengan  Komisi V, Feli dan kawan-kawannya juga berharap pembayaran gaji terealisasi sebelum perayaan Natal.

“Kami berharap sebelum Natal kalau bisa sudah dibayarkan sehingga teman-teman guru yang non muslim bisa memakai gaji mereka membeli kebutuhan untuk merayakan Natal bersama keluarga,” harap Feli.

penulis : Alley

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan