GALERI FOTO: Potret Warna-warni Nusantara di Festival Asmat Pokman 2022

Karnaval Budaya Indonesia menjadi salah satu rangkaian acara Festival Asmat Pokman 2022, di Kota Agats, Papua Selatan, Sabtu (8/10/2022).

Sejumlah paguyuban dari berbagai tempat di Indonesia ikut mengambil bagian dalam karnaval ini. Mereka mengenakan busana dan atribut kedaerahan khas mereka.

Selama parade berkeliling Kota Agats, warna-warni perbedaan kultur, musik, hingga pakaian ikut mempercantik kota ‘di atas rawa’ itu. Tidak sedikit penonton yang rela meninggalkan urusannya demi menyaksikan acara tersebut.

Bupati Asmat Elisa Kambu mengapresiasi keterlibatan ratusan perserta ini karena menjaga identitas budaya mereka dan bernaung di Kabupaten Asmat.

Sementara itu, Uskup Keuskupan Agats Mgr. Aloysius Murwito menyebut hal ini merupakan perwujudan dari Bhineka Tunggal Ika.

Berikut keanekaragaman yang dibingkai jurnalis seputarpapua.com, Yonri Revolt di karnaval Festival Asmat Pokman 2022.

 

1. Para seniman dari Distrik Atsj mengangkat ukiran kebanggaan mereka, menceritakan identitas Suku Asmat yang tidak terpisahkan dengan sungai.

 


2. Seorang perempuan suku Toraja berpose usai berkeliling Kota Agats bersama rombongan paguyuban lainnya.

 


3. Seorang perempuan suku Batak tersenyum di balik maskernya, di Karnaval Budaya Indonesia, Festival Asmat Pokman ke 35.

 


4. Seorang perempuan Marind, menari, menyimbolkan Suku Marind yang gemar menangkap ikan.

 


5. Seorang pria Suku Asmat berdandan seperti perempuan untuk menghibur rombongan karnaval.

 


6. Kurator Museum Kebudayaan dan Kemajuan Asmat menyemangati peserta karnaval sebelum pembagian undian berhadiah.

Tanggapi Berita ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.