Garbarata Bandara Mozes Kilangin Timika Siap Dioperasikan, Tetap Dalam Pengawasan Instruktur

Garbarata di Terminal Baru Bandara Mosez Kilangin sudah terpasang dan siap untuk diresmikan. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Garbarata di Terminal Baru Bandara Mosez Kilangin sudah terpasang dan siap untuk diresmikan. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Garbarata atau jembatan penghubung dari terminal ke pintu pesawat di Bandara Mozes Kilangin Timika, Provinsi Papua segera digunakan.

Meski begitu, pengoperasian garbarata masih dalam kontrol instruktur yang saat sedang melatih 6 orang operator.

Kepala Kantor Unit Pelajsanaan Bandar Udara (UPBU) Mozes Kilangin Timika, Soekarjo menjelaskan, untuk mengoperasikan garbarata tidaklah mudah. Operator yang menjalankannya harus memenuhi kualifikasi.

Menurutnya, untuk penggunaan garbarata ini semua operator bandara diberikan pelatihan dengan mendatangkan instruktur dari Sorong, Papua Barat.

“Saya ada datangkan instruktur dari Sorong,” kata Soekarjo saat diwawancara di kantornya, Selasa (26/7/2022).

Pelatihan dan pendampingan kepada enam operator ini terus dilakukan sampai dinilai benar-benar sudah mahir oleh instruktur.

“Intinya kami masih mentraining untuk operator garbarata sampai betul-betul mereka paham. Operatornya ada 6 orang semua petugas AMC (Airport Moment Control),” jelasnya.

Penggunaan garbarata ini sendiri kata dia sangat diperhatikan dengan baik karena bersentuhan langsung dengan pesawat.

“Begitu dia menyentuhnya terlalu keras dan pesawat itu ada masuk saja sedikit, itu pesawat sudah tidak bisa terbang. Jadi sangat riskan,” jelas Soekarjo.

Direncanakan, Rabu (27/7/2022) akan dilakukan peresmian penggunaan garbarata oleh Pemkab Mimika.

Soekarjo mengatakan, untuk peresmian besok kemungkinan masih akan dioperasikan oleh instruktur, dan selanjutnya operator akan terus dilatih.

“Karena pesawat itu barang mahal dan kita tidak bisa main-main dengan pesawat,” katanya.

Saat ini di terminal sisi utara ada tiga unit garbarata yang pengadaannya oleh Pemerintah Kabupaten Mimika.

Rencananya pemerintah pusat juga akan mengadakan satu unit di tahun 2022 dan satu lagi di tahun 2023.

 

reporter : Anya Fatma
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.