Garbarata di Bandara Mozes Kilangin Timika Kini Dioperasikan Secara Mandiri

Pengoperasian perdana garbarata di Bandara Mozes Kilangin Timika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Pengoperasian perdana garbarata di Bandara Mozes Kilangin Timika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Garbarata atau jembatan penghubung dari terminal ke pintu pesawat di Bandara Mozes Kilangin Timika sudah dioperasikan secara mandiri sejak satu bulan terakhir.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Mozes Kilangin Timika, Soekarjo mengatakan, sejak hampir satu bulan terakhir pengoperasian jembatan penghubung itu sudah dilakukan oleh operator di Bandara Mozes Kilangin.

“Ada sekitar delapan atau sembilan operator sudah bisa semua,” katanya saat diwawancara di kantornya, Senin (19/9/2022).

Garbarata ini diperuntukkan untuk semua maskapai yang beroperasi di terminal bandara.

Adapun jenis-jenis pesawat yang bisa mendarat dan menggunakan garbarata diantaranya, Boeing 73-800 NG,  Air Bus A320 Neo atau Biasa, Boeing 37- 200, 37-300 dan Air Bus seri 300.

“Untuk penumpang yang datang dan berangkat,” ucapnya.

Saat ini ada tiga unit garbarata yang sudah terpasang di dua terminal yang dibangun oleh pemerintah pusat dan pemerintah Kabupaten Mimika.

Dan baru satu unit garbarata yang dipakai di terminal yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan.

Sejak digunakan pertama kali pada 27 Juli lalu, pengoperasian garbarata masih dibantu oleh instruktur yang didatangkan dari Sorong.

 

reporter : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.