Gaungkan Perlindungan Konsumen, Disperindag Gelar “Metrologi Goes to School”

Kepala Disperindag Mimika Petrus Pali Ambaa saat berfoto bersama dengan para peserta Metrologi Goes to School di SMK Kesehatan Mimika, Papua Tengah, Rabu (12/6/2024). (Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua.com )

TIMIKA, Seputarpapua.com | Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika menggelar sosialisasi tentang pengukuran atau tera di sekolah-sekolah yang disebut dengan “Metrologi Goes to School”.

Kegiatan ini akan digelar di dua sekolah, yakni SMK Kesehatan dan SMA Negeri 1 Mimika, pada Rabu 12 Juni dan Kamis 13 Juni 2024.

Kepala Disperindag Kabupaten Mimika Petrus Pali Ambaa mengatakan, metrologi merupakan kegiatan pengukuran diberbagai bidang seperti industri, ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai acuan internasional.

“Contoh kegiatan metrologi seperti mesin SPBU rutin ditera (dicek pengukurannya) oleh Badan Metrologi agar satuan liternya sesuai dengan standar internasional,” ujarnya dalam Sosialisasi “Metrologi Goes to School” yang digelar di SMK Kesehatan Mimika, Rabu (12/6/2024).

Petrus melanjutkan, kegiatan sosialisasi digelar sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1981, Tentang Metrologi Legal, Permendag Nomor 67 Tahun 2018 Tentang Alat-alat Ukur, Takar, Timbang, dan Perlengkapannya yang Wajib Ditera dan Ditera Ulang.

Disperindag Mimika khususnya Bidang Metrologi dan Perlindungan Konsumen terus berupaya mensosialiasikan Metrologi kepada masyarakat, terutama kepada pengguna alat ukur, takar dan timbang.

Hal ini dikarenakan metrologi sangat penting untuk melindungi masyarakat dari kecurangan dalam praktik pengukuran. Kemudian penting bagi para pengusaha agar taat terhadap aturan pengukuran atau metrologi.

“(Dalam pengukuran) perlu adanya jaminan kebenaran, serta adanya ketertiban dan kepastian hukum, karena itu Metrologi Goes to School bertujuan untuk memberikan edukasi dini kepada guru dan siswa,” tegasnya.

Petrus berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi ini membuat para siswa dan guru bisa menyebarkan kepada masyarakat dan pelaku usaha disekitar mereka, sehingga mendorong mereka untuk semakin bertanggungjawab dalam pengukuran dan semakin waspada terhadap proses ukur.

Selain melalui sosialisasi, Disperindag juga terus berkolaborasi dengan berbagai pihak baik pengusaha di pasar, industri maupun pemangku kepentingan untuk melakukan tera ulang, pengawasan, dan penyidikan metrologi.

“Harapannya semoga dengan adanya kegiatan ini dan usaha lainnya dari Disperindag dapat meningkatkan pemahaman penggunaan alat ukur, pentingnya pengukuran, dan ketepatannya serta perlindungan konsumen,” tutupnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan