Gelar Pertemuan dengan Pimpinan OPD, ini Pesan Pj Bupati Mappi

Pj Bupati Mappi Michael R Gomar gelar pertemuan dengan para OPD di ruang Pendopo Pemkab Mappi
Pj Bupati Mappi Michael R Gomar gelar pertemuan dengan para OPD di ruang Pendopo Pemkab Mappi

MAPPI | Penjabat Bupati Mappi Michael R Gomar menggelar pertemuan dengan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Mappi, Senin (20/6/2022).

Dalam pertemuan itu, Pj Bupati memberikan arahan terkait beberapa program strategis Nasional dari Kementerian yang menjadi perhatian khusus, diantaranya penanganan Covid-19, korupsi, reformasi birokrasi, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur dan masyarakat, Perda RT/RW, peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan pengelolaan sampah.

Dalam pertemuan itu juga, BPKAD memaparkan realisasi anggaran tahun 2022.

Sementara Dinas Pertanian menyampaikan bahwa penyerapan anggaran baru sekitar 30 persen, dan yang lain masih dalam tahap berproses.

Termasuk, berharap dukungan dalam hal revitalisasi sawah di Distrik Nambioman Bapai, Kampung Mur.

Untuk Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja berharap diterbitkan SK PA agar dapat segera berproses hal-hal yang menyangkut SK tersebut.

Kemudian meminta agar lebih fokus terlebih dahulu pada siklus penyusunan dokumen dan sistem, pedoman, aturan bupati dan percepatan realisasi.

Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung menyampaikan bahwa dinas tersebut mendapatkan anggaran hanya sebesar Rp6 miliar yang kesemuanya banyak membiayai belanja rutin, seperti gaji PNS dan PKD.

Kemudian adanya penyelewangan Dana Desa yang mana banyak di transfer ke rekening keluarga oleh kepala-kepala kampung, sehingga berharap Pj Bupati untuk membentuk tim pengawasan Dana Desa.

Sedangkan pada Dinas Lingkungan Hidup berharap agar dipercepat proses realisasi anggarannya dari Bagian Pengadaan Barang dan Jasa.

Selanjutnya, Sekretariat Dewan menyampaiakan agar SK PA segera diterbitkan untuk mempermudah proses selanjutnya.

Sementara Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata menyampaikan bahwa anggaran yang ada hanya cukup untuk membiayai kegiatan rutin saja.

Dinas tersebut berharap agar tahun depan anggaran bisa ditambahkan untuk mengakomodir kegiatan-kegiatan yang bersifat promosi bagi masyarakat Mappi, terutama dibidang olahraga dan budaya.

Untuk Dinas Sosial dalam pertemuan itu berharap adanya kejelasan tentang bantuan sosial untuk kesehatan dan pengobatan, apakah dikelola oleh Dinas Sosial atau dinas lain.

Di Bagian Inspektorat menyebutkan untuk pencairan DAK tahap I dan Dana Otsus harus dilengkapi dengan data pendukung, seperti laporan realisasi kegiatan dan dokumentasinya.

Sementara pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa menyampaikan bahwa masih banyak berkas yang masuk ke PBJ belum lengkap, sehingga setiap OPD wajib mengetahui 3 syarat yang harus dilengkapi untuk proses pelelangan.

Sedangkan BKPSDM menyampaikan terkait SK pelantikan pimpinan OPD secara administratif sudah ada.

Untuk pelaksanaan Diklat bagi pejabat dilingkup pemerintah Kabupaten Mappi tahun ini tidak dialokasikan, dan disarankan untuk dialokasikan di masing- masig OPD, lalu tembusannya bisa dikirim ke BKPSDM.

Setelah mendengarkan masukan dari OPD, PJ Bupati memberikan ruang terhadap para OPD dalam pengambilan kebijakan-kebijakan.

Termasuk segera membenahi adanya tumpang tindih tugas pokok dan fungsi kepala OPD.

Selanjunya, segera lakukan perbaikan kebijakan pengelolaan keuangan.

“Dalam waktu dekat segera melaksanakan Musrembang,” kata Pj Bupati.

Pj Bupati juga mengusulkan untuk TPP bagi PNS dibayarkan setiap 3 bulan.

Kemudian, jika ada pergeseran anggaran dicatat dalam perubahan, dan segera memproses pengangkatan tenaga CPNS di Kabupaten Mappi.

“Kemudian saya sarankan penganggaran diklat bagi PNS tetap dilaksanakan oleh BKPSDM,” pungkas Gomar.

 

reporter : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.