seputarpapua.com

Gempa Bumi 6,7 SR Guncang Selatan Jawa

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Mengulas Gempa di Papua Selama 2019
Ilustrasi

TIMIKA | Gempa bumi tektonik berkekuatan 6,7 SR mengguncang wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa, Sabtu (10/4/2021) tepat pukul 14.00.16 WIB.

Dalam rilis yang diterima, Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno menjelaskan, hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo M=6,7 kemudian diupdate menjadi magnitudo Mw=6,1.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,83 LS dan 112,5 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 96 km arah Selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 80 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau biasa disebut thrust fault,” kata Bambang.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Turen V MMI, Karangkates, Malang, Blitar IV MMI yang dirasakan hampir semua penduduk.

Daerah lainnya yang merasakan gempa ini ialah Kediri, Trenggalek, Jombang III-IV MMI, Nganjuk, Ponorogo, Madiun, Ngawi, Yogyakarta, Lombok Barat, Mataram, Kuta, Jimbaran, Denpasar III MMI.

Lebih lanjut, Bambang menyebutkan, Mojokerto, Klaten, Lombok Utara, Sumbawa, Tabanan, Klungkung, Banjarnegara II MMI juga terdampak namun hanya dirasakan oleh beberapa orang.

Berita Terkait
Baca Juga