Granat yang Ditemukan Pekerja Jembatan tidak Terdeteksi Asalnya

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata (kanan) bersama Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya (kiri). (Foto: Saldi/ SP)
Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata (kanan) bersama Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya (kiri). (Foto: Saldi/ SP)

TIMIKA | Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan granat yang ditemukan seorang pekerja jembatan pada Rabu, 18 November 2020 di area sekitar jembatan Waker II, Kawasan SP 5, Timika Papua tidak terdeteksi dari mana asalnya.

Sebab, kata Kapolres, nomor seri granat setelah diperiksa tim Brimob sudah tidak terlihat lagi, karena kondisi fisiknya sudah berkarat atau rusak. Namun, diakui bahwa granat jenis GT-5PE A2 buatan PT Pindad tersebut masih aktif.

“Setelah dilakukan penyelidikan, itu adalah granat aktif. Ciri-ciri dari hasil indentifikasi adalah buatan Pindad. Karena kondisinya sudah lama, sudah karat dan lain-lain, kita tidak bisa menemukan nomor serinya, sehingga tidak terdeteksi barang ini dari mana,” kata Kapolres ditemui di Pos Polisi Kwamki Narama, Jumat (20/11).

Saat ini granat tersebut masih diamankan di Mako Satbrimobda Batalyon B Pelopor Timika. Untuk langkah selanjutnya, granat terseby tetap diamankan tim dari Brimob, entah nantinya akan dimusnahakan atau tidak, hal itu juga hingga kini masih dalam koordinasi.

“Langkah kita lakukan adalah kita melakukan pengamanan dan coba untuk melakukan disposal (pembuangan) terhadap barang tersebut, dan sekarang dilakukan oleh Brimob Yon B di Timika,” katanya.

Granat tersebut sebelumnya ditemukan oleh Nanang Riyadi (39), seorang pekerja jembatan saat mengecek tabung oksigen di bawah jembatan. Nanang menemukan sebuah granat nanas didekat tabung oksigen, kemudian diambil lalu diletakkan di atas runtuhan beton.

IKLAN-TENGAH-berita

Temuan itu kemudian disampaikan ke pihak TNI dan Kepolisian setempat untuk ditangani dan kemudian diamankan ke Mako Satbrimobda Batalyon B Pelopor Timika.

Granat GT-5PE A2 buatan PT Pindad ini adalah jenis granat dengan daya ledak berfrekmentasi. Dengan jenis isian TNT powder atau bubuk TNT mampu memberikan efek ledakan dan frekmentasi, dan menjadikannya efektif untuk tujuan penetrasi.

Granat ini dilengkapi dengan detonator jenis percussion, double safety pin dan clip memberikan tingkat keamanan yang tinggi bagi para personel aparat keamanan yang menggunakannya.

 

Reporter: Saldi
Editor: Misba Latuapo

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar