Gubernur Jelaskan Penyebab Banjir di Jayapura, Ingatkan Masyarakat Waspada

Gubernur Papua, Lukas Enembe. (Foto: Adi/Seputarpapua)
Gubernur Papua, Lukas Enembe. (Foto: Adi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Gubernur Lukas Enembe mengimbau masyarakat Papua, senantiasa waspada seiring terjadinya bencana banjir dan longsor di wilayah Kota Jayapura.

Gubernur Lukas mengatakan, penyebab banjir di KotaJayapura menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terjadi saat suhu muka laut sekitar perairan Papua yang cukup hangat sehingga meningkatkan aktifitas konfektif.

“Saya berharap agar masyarakat di Papua senantiasa waspada,” katanya, Senin (10/01/2022).

Selain itu, berdasarkan analisis citra satelit awan-awan yang tumbuh didominasi oleh awan-awan konfektif seperti cumulus dan cumulanimbus.

Hujan deras sambung Gubernur, juga dipicu adanya daerah belokan angin di utara Papua yakni angin meridional monsoon yang bersifat basah dan kelembapan udara yang relatif sangat basah juga memberi sumbangsih mempengaruhi turunnya hujan dengan intensitas yang tinggi di Jayapura.

“BMKG telah menyampaikan sejumlah alasan penyebab banjir tempo hari. Untuk itu saya mengimbau kepada seluruh steakholder untuk memperkuat mitigasi bencana dan menambah daya sigap dalam antisipasi maupun evakuasi,” pungkasnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Adi
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.