Gubernur Papua Diminta Cari ‘Win-win Solution’ Masalah DPRD Mimika Periode 2014-20219

Wakil Ketua II DPRD Mimika Yohanis Felix Helyanan
Wakil Ketua II DPRD Mimika Yohanis Felix Helyanan

TIMIKA | Gubernur Papua Lukas Enembe diminta segera menyelesaikan permasalahan status anggota DPRD Mimika periode 2014-2019.

Permintaan ini terkait keputusan Mahkahmah Agung (MA) nomor 2/PEN. INKRAHT/2020/PTUN.JPR, yang sudah incraht (memiliki kekuatan hukum tetap).

Dimana keputusan ini setelah penggugat (Anggota DPRD Mimika periode 2014-2019) memenangkan gugatan atas SK Gubernur Papua Nomor: 155/266/Tahun 2019 tanggal 24 September 2019, Tentang Peresmian Keanggotaan DPRD Mimika Periode 2019-2024.

Wakil Ketua II DPRD Mimika Yohanis Felix Helyanan mengatakan, untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut, dewan telah melakukan pertemuan secara internal yang dilaksanakan pada Senin (2/8/2021).

“Meskipun perkara ini berkaitan dengan anggota DPRD Mimika periode lalu, tetapi secara tidak langsung juga mempengaruhi dengan anggota DPRD Mimika periode 2019-2024,” jelasnya.

“Dengan masalah ini, kami harap Gubernur Papua memiliki ‘win-win solution’ (saling menguntungkan). Apakah mengeluarkan surat kepada Pemkab Mimika untuk menyelesaikan masalah ini. Sehingga persoalan ini jelas,” kata Yohanis di Kantor DPRD Mimika, Senin.

Ia menambahkan, diharapkan sebelum 7 Agustus 2021 sudah penyelesaian agar roda pemerintahan tidak terganggu. Hal ini berkaitan dengan sejumlah agenda paripurna yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Salah satunya adalah pembahasan APBD Perubahan 2021.

“Apalagi kalau sudah ‘status quo’ (keadaan tetap pada saat tertentu), maka dampaknya akan luas. Makanya kami harap, adanya suatu keputusan yang bijak. Sehingga bisa diterima semua pihak,” ujarnya.

“Dalam 1-2 hari ada tim yang ke Jayapura, untuk bertemu Gubernur Papua. Diharapkan ada hasil yang baik dari pertemuan nanti. Apakah teman-teman DPRD periode 2014-2019 menjalankan masa tugasnya atau dalam bentuk kompensasi. Kalau kompensasi, bagaiamana bentuk kompensasinya,” ungkapnya.

 

penulis : Mujiono
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan