Hari Ini, Umat Muslim Muhammadiyah SP 7 Salat Idul Adha

Salat Idul Adha
Suasana Salat Idul Adha di Masjid At-Taqwa Kampung Mulia Kencana SP7. Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua

TIMIKA | Umat muslim Muhammadiyah Ranting Mulia Kencana melaksanakan salat Idul Adha1443 H, di Masjid At – Taqwa Kampung Mulia Kencana, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Sabtu (9/7/2022).

Imam Salat Idul Adha Ustad Nasrul Wathan. Sedangkan Khatib Maulana Muhammad.

Dalam khutbahnya Maulan mengajak umat muslim untuk meningkatkan keimanan, dan patuh pada hukum-hukum Allah SWT.

“Kurban mempunyai manfaat antara lain yakni mendekatkan diri kepada Allah SWT, sebagai penebus dosa, sebagai ungkapan syukur, menyucikan diri dan harta benda serta menjadi penolong di hari akhir kelak,” kata Maulana.

Sekretaris Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid At-Taqwa Kampung Mulia Kencana, SP7, Guntur Irawan menjelaskan di waktu yang bersamaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Mimika juga mengadakan Shalat Idul Adha di Masjid An-Nur, Kebun Sirih.

Guntur menerangkan, pihaknya lebih dahulu melaksanakan Salat Idul Adha berbeda dengan pemerintah, karena berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah hari raya Idul Adha 1443 Hijriyah jatuh atau bertepatan pada hari ini, Sabtu 9 Juli 2022 M.

“Oleh karena itu seluruh warga Muhammadiyah di Indonesia bahkan di mancanegara melaksanakan salat ied pada pagi hari ini,” kata Guntur kepada Seputarpapua.com, Sabtu (9/7/2022).

Kampung Mulia Kencana kata Guntur, memiliki dua Masjid yaitu Masjid At-Taubah yang dibangun pemerintah dan Masjid At-Taqwa yang dibangun secara swadaya oleh warga.

Untuk Masjid At-Taqwa kurban empat ekor sapi yang nantinya akan dibagikan kepada sekitar 250an kepala keluarga muslim yang berdomisili di Kampung Mulia Kencana.

Namun pemotongan hewan kurban akan dilaksanakan pada Minggu, 10 Juli 2022 atau pada saat hari tasyrik.

Guntur menjelaskan kesadaran dan kemampuan warga Kampung Mulia Kencana untuk berkurban dari tahun ke tahun terlihat semakin meningkat.

“Semoga hal ini senantiasa terjaga, Idul Adha memberi pesan kepada kita bahwa semua yang dimiliki di kehidupan dunia hanyalah titipan dari Allah SWT. Di mana sewaktu-waktu bisa hilang atau diambil kembali oleh-Nya. Karenanya, selama masih mempunyai apapun itu, sudah sepantasnya dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk beribadah kepada Allah SWT,” pungkasnya.

reporter : Kristin Rejang
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.