Hasil Autopsi Jenazah Alm Florida Letsoin Keluar, Penyidik Segera Gelar Perkara

Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP Hermanto. Foto: Saldi/SP
Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP Hermanto. (Foto: Saldi/SP)

TIMIKA | Polres Mimika telah menerima hasil autopsi jenazah almarhumah (Alm) Florida Letsoin dari Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Mabes Polri.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Mimika, AKP Hermanto, saat ditemui awak media di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Papua, Kamis (8/10) menjelaskan,
sesuai hasil autopsi, almarhumah meninggal karena lemas dan terdapat jejas atau tanda ikatan tali pada bagian leher.

“Menurut hasil pemeriksaannya bahwa ditemukan tanda-tanda mati lemas, ditemukan bekas jejas. Jejas itu bekas tali melingkar yang ada dileher,”jelasnya.

Setelah mendapat hasil autopsi, penyidik akan memanggil penasehat hukum dari almarhumah untuk menyampaikan hasil tersebut. Selanjutnya akan dilakukan gelar perkara untuk memastikan kelanjutan perkara tersebut.

“Kalau masuk unsur pidana tetap kita lanjutkan, tapi kalau tidak ya, harus kita yakinkan. Di sini kita ada gelar biasa, sedang dan berat, dan itu harus kita lalui. Kalau ini dinyatakan berat, karena sudah sampai autopsi. Kalau memang tidak terbukti, ya mau tidak mau kita harus stop perkara ini, di SP3,” pungkasnya.

Sebelumnya, tim forensik dari Pusdokkes Mabes Polri melakukan autopsi terhadap jasad almarhumah Florida Letsoin pada 14 September 2020. Proses autopsi itu dilakukan kurang lebih tiga jam di TPU SP 1 dengan disaksikan penasehat hukum keluarga almarhumah.

IKLAN-TENGAH-berita

“Waktu itukan LP atau laporannya terkait penemuan mayat, kemudian muncul yang terkait pembunuhan. Setelah itu keluarga menginginkan di autopsi, sudah kita lakukan autopsi. Kemudian dari dokter sendiri memberikan penjelasan kepada penasehat hukumnya,” kata AKP Hermanto.

 

Reporter: Saldi
Editor: Misba Latuapo

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar