Hasil Pemeriksaan Positif Covid-19, WNA Ukraina Dimakamkan di Timika

PEMAKAMAN | Prosesi pemakaman WNA Ukraina yang meninggal dunia di Timika karena terkonfirmasi positif Covid-19. (Foto: Saldi/SP)
PEMAKAMAN | Prosesi pemakaman WNA Ukraina yang meninggal dunia di Timika karena terkonfirmasi positif Covid-19. (Foto: Saldi/SP)

TIMIKA | Setelah beberapa hari disemayamkan di kamar jenazah RSUD Mimika, seorang warga negara asing (WNA) berkebangsaan Ukraina, Volodymyr Padenko (58), akhirnya dimakamkan di pemakaman khusus pasien Covid-19 SP1, Kelurahan Kamoro Jaya, Timika, Papua, Rabu (18/11).

Almarhum Volodymyr Padenko yang merupakan engineer atau mekanik helikopter pada perusahaan penerbangan PT Purawisata Baruna, sebelumnya meninggal dunia pada hari Minggu, 15 November 2020 sekitar pukul 21.00 WIT di RSUD Mimika setelah mengalami gangguan pernapasan (gagal napas).

Setelah meninggal dunia, almarhum disemayamkan sejak saat itu di kamar jenazah RSUD Mimika hingga hari ini, Rabu. Kemudian, setelah koordinasi bersama para pihak terkait terutama keluarga dan Kedutaan Ukraina, akhirnya jenazah almarhum dimakamkan di TPU khusus pasien Covid-19 di SP 1, Timika.

Kepala Kantor Imigrasi Timika, Jesaja Samuel Enock melalui Kasie Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Whisnu Galih Priawan, saat ditemui di lokasi pemakaman SP 1 mengatakan, laporan yang diterima oleh pihaknya bahwa almarhum ternyata terpapar atau terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga untuk pemakamannya ditangani oleh Satgas Covid-19.

“Laporan yang kami terima ada WNA meninggal dunia. Dan ternyata setelah dilakukan tes covid, terpapar, positif,” kata Whisnu, ditemui usai menghadiri proses pemakaman almarhum di TPU SP 1.

 

 

IKLAN-TENGAH-berita

Menurutnya, lambatnya proses pemakaman almarhum lantaran masih menunggu hasil medis atau pemeriksaan Covid-19 terkait penyebab kematian korban, serta dibangunnya koordinasi dan komunikasi dengan para pihak terkait kematian korban.

Karena terkonfirmasi positif, jenazah almarhum tidak dapat dipulangkan ke negara asalnya. Pihak keluarga maupun kedutaan menyerahkan sepenuhnya penanganan jenazah almarhum sesuai protokol kesehatan yang diterapkan oleh Pemerintah Indonesia.

“Komunikasi agak sedikit intens, sehingga agak lama prosesi pemakamannya. Setelah hasil koordinasi dan komunikasi antar pihak terkait sudah selesai, sehingga pada hari ini kita bisa melakukan prosesi pemakaman terhadap WNA ini,” terang Whisnu.

Proses pemakaman jenazah almarhum Volodymyr Padenko dilakukan oleh tim Satgas Covid-19 sesuai protokol Covid-19 dan disaksikan pihak Kantor Imigrasi, aparat keamanan dari Polres Mimika, pihak sponsor atau perusahaan penerbangan tempat korban bekerja, serta kerabat almarhum warga negara Ukraina yang berada di Timika.

 

Reporter: Saldi
Editor: Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar