Hasil Sensus Penduduk akan Diumumkan 2021

Kepala BPS Kabupaten Mimika, Ir Trisno L Tamanampo (Foto: Kristin Rejang/SP)
Kepala BPS Kabupaten Mimika, Ir Trisno L Tamanampo (Foto: Kristin Rejang/SP)

TIMIKA | Badan Pusat Statistik (BPS) baru akan mengumumkan hasil sensus penduduk pada Februari 2021 mendatang. Agenda 10 tahunan ini akan menjadi data berapa jumlah penduduk secara nasional maupun daerah provinsi dan kabupaten/kota.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala BPS Kabupaten Mimika, Trisno L. Tamanampo di ruang kerjanya, Selasa (29/12/2020).

“Nanti kami akan rilis, kami ikut petunjuk dari BPS Pusat agar nantinya diumumkan serentak nanti bulan Februari tapi tanggalnya kami belum tau,” jelasnya.

Dijelaskan, sebelum diumumkan pihaknya akan berkoordinasi lagi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Mimika, sebab data awal saat petugas turun lapangan lakukan sensus menggunakan data dari Dispencapil.

Trisno mengatakan untuk proses Sensus penduduk sudah selesai dilaksanakan, kemudian data yang diolah antara lain daftar penduduk yang diverifikasi sampai tanggal 30 November 2020.

Selain itu ada pula variabel berdasarkan daftar quisioner seperti kelompok umur, agama dan lainnya, semua akan dituangkan dalam rilis pada bulan Februari nanti.

“Hasilnya belum, karena hasil pengelolaannya diserahkan ke pusat melalui aplikasi lalu dilihat, baru nanti Februari akan diumumkan hasilnya,” katanya.

Trisno menjelaskan petugas yang turun ke lapangan untuk melaksanakan sensus sebanyak 430 orang dan telah menyelesaikan pendataan meskipun ada beberapa kesulitan yang dihadapi.

“Kesulitan yang dialami misalnya di area pedalaman, terkendala dengan letak geografis, kalau bagian kota ada juga beberapa penolakan namun hanya sebagian kecil dan sudah berhasil didata,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *