Hasil Swab Keluar, 1 PDP di Asmat Negatif Virus Corona

ARAHAN - Bupati Asmat Elisa Kambu ketika memberikan arahan kepada PDP dan tenaga medis, Minggu (10/5). Foto: Humas Asmat
ARAHAN | Bupati Asmat Elisa Kambu ketika memberikan arahan kepada PDP dan tenaga medis, Minggu (10/5). (Foto: Humas Asmat/SP)

ASMAT | Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Asmat, Papua, dinyatakan negatif virus corona baru atau Covid-19, setelah hasil swabnya dari Balitbankes Papua sudah keluar.

PDP dengan inisial CL tersebut kini telah dipulangkan ke rumah, Minggu (10/5) setelah sempat menjalani isolasi di RSUD Agats yang baru dibangun.

Bupati Asmat Elisa Kambu mengatakan, empat orang dari keluarga PDP tersebut juga dipulangkan setelah dinyatakan bebas dari virus corona.

“Hari ini sudah keluar hasil swab 1 PDP dengan hasil negatif, dan 4 keluarganya telah diperiksa sampel hasilnya juga negatif,” kata Bupati Elisa dalam keterangan persnya di depan RSUD Agats, Minggu siang.

Menurut Elisa, hasil dari sampel swab pasien memang membutuhkan waktu cukup lama.

Mengingat sampel swab pasien yang diambil oleh Tim Covid-19 Asmat harus dikirim ke Balitbankes Papua di Kota Jayapura.

“Karena waktu perjalanan panjang, akhirnya baru hari ini Minggu (10/4) disampaikan hasilnya,” ujar Elisa.

Pada kesempatan itu juga, Elisa tak henti-hentinya mengimbau kepada seluruh masyarakat di Asmat untuk menerapkan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah demi mencegah penyebaran Covid-19.

Seperti social dan physical distancing, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, gunakan masker, dan menjaga pola hidup sehat.

Tak hanya itu, batasi seluruh orang dari luar yang masuk ke kampung-kampung. Apalagi orang dari kabupaten tetangga seperti Mimika dan Merauke.

Dengan begitu, maka Kabupaten Asmat bisa aman dan terkendali di tengah pandemi Covid-19.

“Tim Gugus Covid-19 Asmat terus bekerja sesuai bidang masing-masing, demi menutup mata rantai jaringan Covid-19 yang masuk ke Asmat,” kata Elisa.

 

Reporter: Fagi
Editor: Aditra

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar