00
Hari
00
jam
00
Menit
00
Detik
Banner_atas

Health Alert Card, Upaya Mencegah Wabah Covid-19 di Mimika

Reynold Ubra (Foto: Sevianto/SP)
Reynold Ubra (Foto: Sevianto/SP)

TIMIKA | Pemkab Mimika melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 meningkatkan pemeriksaan di pintu masuk bandara maupun pelabuhan untuk mencegah wabah virus corona Covid-19.

Sebagai upaya sistem kewaspadaan dini atau early warning system, setiap orang dari daerah terjangkit Covid-19 yang masuk di Timika wajib mengisi Health Alert Card (HAC) atau kartu kewaspadaan kesehatan.

“Kartu ini akan dibagikan kepada penumpang dari daerah terjangkit, yang tiba baik dengan pesawat maupun kapal,” kata Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra, Minggu (22/3).

Reynold mengatakan, tim penyelidik epidemologi akan melakukan pemantauan terhadap orang dari daerah terjangkit selama 14 hari, terhitung sejak tiba di Timika.

iklan_lokal_dalam_berita

Aspek lain yang dilakukan, yaitu melakukan review terkait surveilans pengendalian penyakit berpotensi wabah, baik dengan Puskesmas maupun dengan klinik swasta yang melibatkan para tenaga dokter.

“Langkah-langkah yang tim gugus tugas lakukan, pertama meningkatkan deteksi,” katanya.

Bilamana ditemukan Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP), maka surveilance dan penyelidikan epidemologi akan ditingkatkan guna memitigasi penyebarannya.

“Ada tiga pendekatan untuk memutus rantai penularan. Jika kami deteksi, pendekatan dilakukan dengan isolasi mandiri atau karantina dan terus mengkampanyekan social distancing,” katanya.

Prev1 of 3

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar