Hidupkan Kembali Poskamling, Kapolres Sambangi Pos Pam Swakarsa di Timika

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
SAMBANG | Kapolres Mimika dan jajarannya menyambangi pos-pos pengamanan lingkungan di beberapa lokasi di kota Timika. (Foto: Saldi/SP)
SAMBANG | Kapolres Mimika dan jajarannya menyambangi pos-pos pengamanan lingkungan di beberapa lokasi di kota Timika. (Foto: Saldi/SP)

TIMIKA | Kapolres Mimika, Papua, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, pada Rabu malam (3/2/2021) malam, bersama jajarannya menyambangi sejumlah pos pengamanan (pam) swakarsa yang berada dilingkungan masyarakat.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk berkoordinasi serta sosialisasi kepada warga untuk menghidupkan lagi aktivitas pos-pos ronda atau poskamling di lingkungan masing-masing.

Kapolres saat menyambangi warga Pos Madangkara di Jalan Serui Mekar menyampaikan bahwa, Mimika merupakan daerah yang kompleks dan dihuni oleh hampir seluruh suku bangsa serta memiliki perkumpulannya masing-masing dan dengan budaya yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, ia mengajak agar warga masyarakat tidak menyamakan antara budaya dari barat dengan budaya di timur, harus bisa memahami dan menyesuaikan diri bersama masyarakat lainnya yang ada. Sehingga bisa bersama-sama dalam kondisi dan situasi lingkungan yang aman dan damai.

Sebab, kata dia, saat ini persoalan kecil saja bisa menciptakan terjadinya konflik, apalagi hal itu sudah terjadi berulang kali.

“Masalah minuman keras, cek-cok, bisa menjadi konflik, bisa ribut antara suku, apalagi jangan sampai terjadi masalah agama dan ras. Saya ingatkan kepada rekan-rekan semua, hal ini sangat sensitif,” katanya.

“Dengan adanya poskamling ini, ini menjadi deteksi dini, bukan hanya masalah kriminal, tapi bisa menjadi sumber informasi untuk kepentingan kita bersama,” sambungnya.

Kapolres berharap kepada warga Jalan Serui Mekar agar dapat bersama-sama membangun kenyamanan dan keamanan di lingkungannya, agar semua warga bisa hidup aman dan nyaman di Mimika.

“Selama 1 tahun saya berusaha keras jangan sampai ada perang suku. Berusaha keras, pokoknya kejadian apapun harus saya respon. Puji Tuhan selama saya dinas menjadi Kapolres, belum pernah terjadi yang seperti itu,” katanya.

Secara spesifik, Kapolsek Mimika Baru, Kompol Sarraju, pada kesempatan itu menerangkan bahwa, beberapa hari belakangan pihaknya intensif melakukan pengecekan poskamling dengan maksud ingin membangun kembali partisipasi masyarakat untuk melakukan pengamanan di lingkungannya.

Memang, kata dia, sejak sebelumnya upaya ini telah dilakukan, namun adanya pandemi sehingga konsen pada pembatasan aktivitas. Bahkan poskamling yang ada, sementara juga membatasi aktivitasnya.

“Sekarang ini di inisiasikan kembali untuk bagaimana poskamling ini bisa efektif. Diharapkan di beberapa tempat di Kabupaten Mimika ini poskamling akan dimaksimalkan untuk diaktifkan,” katanya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Berita Terkait
Baca Juga