Hingga Juni 2020, Setoran Pajak Penerangan Jalan Capai Rp5,61 Miliar

Manager PLN UP3 Timika Martinus Pasensi. (Foto: Anya Fatma/SP)
Manager PLN UP3 Timika Martinus Pasensi. (Foto: Anya Fatma/SP)

TIMIKA | Pajak penerangan jalan (PPJ) di Kabupaten Mimika, Papua menjadi salah satu pajak yang berkontribusi besar terhadap pendapatan asli daerah (PAD).

Berdasarkan penuturan Manager PLN UP3 Timika Martinus Pasensi, bahwa setiap tahun, PLN bisa menyetor PPJ lebih dari Rp10 miliar.

Tercatat di tahun 2020 ini, mulai Januari hingga Juni, PLN UP3 Timika telah menyetor PPJ sebesar Rp5,61 Miliar kepada Pemerintah Kabupaten Mimika.

“Setiap bulan kita bisa setor sampai Rp900 juta. Sampai dengan bulan Juni kita sudah setor Rp5,61 Miliar,” katanya di Timika, Selasa (1/9).

Dijelaskan, PPJ ini diperoleh dari pemotongan pajak dari setiap pembelian token listrik maupun pembayaran listrik setiap bulan oleh pelanggan dengan besaran potongan 4 persen.

“Jadi untuk PPJ sendiri yang menetapkan dari pemerintah daerah setempat, kita mengikuti saja, kita memungut saja setiap bulannya dari pelanggan yang melakukan transaksi,” terangnya.

IKLAN-TENGAH-berita

Kata dia, untuk besaran potongan PPJ ini berbeda untuk setiap daerah. Kabupaten Mimika sebesar 4 persen, Yahukimo 10 persen dan Asmat sebesar 6 persen.

“Jadi itu pemotongan sesuai yang ditetapkan Pemda setempat yang kemudian kita setor lagi ke Pemda,” tutur Martinus

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar