Hingga September Terjadi 12 Kasus Pelecehan Seksual di Mimika, Menurun Dibanding Tahun 2019

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Maria Rettob. Foto: Mujiono/SP
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Maria Rettob. (Foto: Mujiono/SP)

TIMIKA | Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2-KB)

mencatat, hingga September 2020 sudah terjadi 21 kasus pelecehan seksual di Mimika, Papua dengan korban anak dibawah umur.

Pelakunya sebagian besar merupakan orang terdekat korban.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Mimika Maria Rettob mengatakan, tahun ini kasus pelecehan seksual dengan korbannya anak dibawah umur mengalami penurunan, dibandingkan 2019 lalu.

Untuk tahun ini, jumlah tindak pelecehan seksual dengan korban anak dibawah umur yang masuk di dinas sampai September 2020 mencapai 12 kasus. Sementara untuk 2019 lalu jumlahnya mencapai 20 kasus.

“Penurunan ini terjadi kemungkinan dikarenakan masa Pandemi Covid-19, sehingga anak selalu dalam pengawasan dan pemantauan orang tua,” kata Maria saat ditemui disalah satu hotel di Jalan Yos Sudarso, Kamis (24/9).

IKLAN-TENGAH-berita

Maria menjelaskan, ada beberapa faktor penyebab kasus pelecehan dengan korban anak dibawah umur. Seperti pergaulan bebas yang terjadi kepada anak-anak di jaman sekarang.

Menurut Maria, cara berpakaian juga bisa memicu mata pelaku untuk berbuat tidak senonoh terhadap korban. Bahkan ada pula yang pergaulannya tidak dibatasi oleh orang tua.

“Karenanya, kami menghimbau kepada semua orang tua untuk mengawasi tingkah laku dan prilaku anak-anaknya. Jangan sampai mereka salah pergaulan, yang menyebabkan menjadi korban kasus pelecehan seksual,” jelasnya.

Prev1 of 3

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar