Hujan dan Angin Kencang di Mimika Melebihi Batas Normal

Kota Timika dilanda hujan dan angin kencang melebihi batas normal, selasa (4/10/2022). (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Kota Timika dilanda hujan dan angin kencang melebihi batas normal, selasa (4/10/2022). (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mimika mengeluarkan peringatan dini cuaca di Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Selasa (4/10/2022).

Dalam keterangannya, BMKG menjelaskan pukul 07.36 WIT berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada pukul 07.45 WIT.

Ini terjadi di wilayah Distrik Mimika Baru, Distrik Mimika Timur Jauh, Distrik Agimuga, Distrik Tembagapura, dan sekitarnya.

Kemudian dapat meluas ke Distrik Kwamki Narama, Distrik Wania, Distrik Iwaka, Distrik Kuala Kencana, Distrik Mimika Timur, dan sekitarnya.

“Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 09.00 WIT,” terang pihak BMKG.

Pihak BMKG menjelaskan saat ini masih berfokus memantau penerbangan.

“Kami masih fokus untuk mengamati dan melayani cuaca penerbangan dalam cuaca buruk ini,” kata Forecaster On Duty BMKG Mimika, Dwi Christanto kepada Seputarpapua.com, Selasa (4/10/2022).

Dijelaskan, kondisi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai dengan angin kencang pagi ini disebabkan oleh adanya awan konvektif yang bergerak dari Timur ke barat.

“Yangmana pertumbuhan awan ini sejak pukula 05.00 WIT di atas distrik Jita. Kondisi ini diperkirakan sampai jam 09.00 WIT. Berpotensi merusak karena kecepatan angin yang tercatat hingga mencapai 30 knots atau 60 km/jam,” ungkapnya.

Dijelaskan kecepatan angin rata-rata di wilayah Timika 3 knot sampai 5 knot atau 6 km/jam sampai 10 km/jam.

Untuk kecepatan besar ini, tentu berbahaya bagi penerbangan, terutama disaat take off atau landing.

Sedangkan di pelayaran, angin sebesar ini atau lebih bisa menyebabkan gelombang tinggi.

Seperti pantauan Seputarpapua.com, hujan ringan mulai terjadi sejak pukul 7.50 WIT yang diawali dengan awan gelap, hujan tersebut disertai angin kencang yang menyebabkan pengendara harus berhati-hati dalam melajukan kendaraannya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Kristin Rejang
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.