HUT Freeport ke-54, Tony Wenas Beberkan “Angka” Kontribusi kepada Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas saat memberikan sambutan dalam Perayaan HUT PTFI ke-54 yang dilaksanakan secara virtual, Rabu (7/4/2021). (Tangkapan layar/ youtube Freeport Indonesia).
Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas saat memberikan sambutan dalam Perayaan HUT PTFI ke-54 yang dilaksanakan secara virtual, Rabu (7/4/2021). (Tangkapan layar/ youtube Freeport Indonesia).

TIMIKA| PT Freeport Indonesia merayakan HUT ke-54 tahun dengan tema “Bagimu Indonesia”.

Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas mengatakan, pemilihan tema ini secara garis besar merujuk pada kontribusi PTFI kepada Indonesia. Kemajuan Freeport dalam peningkatan produksi dan lainnya menurutnya adalah bagi Indonesia. Alasannya, saat ini saham PTFI sebesar 51,2 persen adalah milik Indonesia melalui Inalum dan PT IPPM.

“Jadi, apapun kemajuan di PTFI adalah kemajuan di Indonesia,” tuturnya dalam perayaan virtual HUT PTFI, Rabu (7/4/2021).

Tony juga menyebutkan jumlah pekerja PTFI yang didominasi oleh orang asli Indonesia yang sebanyak 98 persen.

Tony mengakui produksi tambang bawah tanah (underground minning) PTFI saat ini masih 90 persen. Namun ia optimis, di tahun depan tambang ini sudah bisa berproduksi hingga 100 persen, sehingga kontribusi untuk Indonesia akan semakin meningkat. Apalagi, jika tambang bawah tanah sudah berproduksi secara normal sampai tahun 2041, menurut Tony akan memberikan kontribusi lebih dari Rp.500 trilyun bagi Indonesia.

Terhitung sejak tahun 1992, dibeberkan Tony, PTFI sudah berkontribusi kepada Indonesia sekitar 25 Milyar Dollar atau sekitar Rp280 Trilyun.

“Sementara untuk pengembangan masyarakat itu hampir mencapai dua milyar dollar. Itu sekitar 28 trilyun (rupiah) ya,” bebernya.

Kedepannya, kata Tony, Freeport akan tingkatkan program pengembangan masyarakat Indonesia, yakni sekitar 100 juta dollar per tahun atau setara dengan Rp1,4 trilyun.

“Ini angka-angka yang luar biasa sekali,” tekannya.

Melalui hal tersebut, menurut Tony, merupakan komitmen Freeport bagi masyarakat dan juga bagi Indonesia.

 

Reporter: Yonri
Editor: Misba
Berita Terkait
Baca Juga