HUT ke 77 RI, Freeport Ajak Anak-anak Kampung Kokonao Nonton Film Denias

Suasana anak-anak saat menonton film Denias yang di putar pihak Freeport. (Foto:Arifin/Seputarpapua (
Suasana anak-anak saat menonton film Denias yang di putar pihak Freeport. (Foto:Arifin/Seputarpapua)

TIMIKA | PT Freeport Indonesia terus membawa kegembiraan bagi masyarakat. Seperti yang dilakukan di Kampung Kokonao, Distrik Mimika Barat, Mimika, Papua Tengah.

Sehari menjelang HUT ke 77 Republik Indonesia (RI), Freeport melalui tim bakti sosial mengajak anak-anak nonton bareng film berjudul ‘Denias Senandung di Atas Awan’, Selasa (16/8/2022) malam.

Nonton bareng digelar di SD YPPK Santo Fransiscus Xaferius Kokonao. Tampak anak-anak antusias menyaksikan film yang diputar menggunakan infokus tersebut.

Mewakili pihak Freeport, Julia Nussy mengatakan, pihaknya memilih film ini karena ada banyak bentuk kekerasan yang ditonjolkan.

“Kita lagi fokus untuk anak-anak ini belajar untuk stop melakukan kekerasan, dan di film ini juga ada banyak kesalahan-kesalahan bisa kita lihat lalu kita rubah agar anak-anak tidak melakukan hal seperti itu,” katanya.

Pemutaran film ini juga sebagai bentuk edukasi. Sebab kata Julia, ada pesan bagi anak-anak untuk diajarkan berbicara dengan sopan, tidak melakukan kekerasan fisik dan verbal, mereka harus belajar menghargai guru.

Selain itu, menurut Julia, pihaknya juga mengajarkan anak-anak untuk lebih mengenal Mimika.
“Sebenarnya kita mengajarkan mereka untuk mengenal lebih jauh tentang Timika seperti Kota Kuala dan Banti,” ujar Julia.

Tak hanya mengajak anak-anak menonton film, namun disela-sela itu ada kuis dadakan yang diberikan untuk mengetahui sejauh mana mereka memahami pesan film yang disampaikan.

Sementara itu, menurut Rosa Letsoin selaku guru dari anak-anak tersebut menyampaikan, antusias dan semangat  anak-anak untuk menonton sangat diapresiasi.

“Buktinya film akan diputar sekitar jam 18.00, tetapi anak-anak datang lebih awal,” kata Rosa.

Rosa mengaku, guru-guru mendukung pemutaran film tersebut karena maknanya sangat banyak.

Dari film ini juga anak-anak dapat belajar tentang berbagai hal-hal, seperti jangan mencuri, saling gotong royong dan harus menghormati guru.

Advertisements

“Bahwa dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya kita beridiri sendiri, kita harus dibantu orang lain,” ujar Rosa.

Rosa mewakili rekan guru menyampaikan terimakasih kepada Freeport yang sudah mendukung setiap kegiatan menyambut HUT ke 77 RI di Distrik Mimika Barat.

 

penulis : Arifin Lolialang
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan