HUT Kemerdekaan ke 77, Freeport Bangga Telah Berkarya dan Berkontrbusi untuk Indonesia Lebih dari Lima Dasawarsa

Pelajar tingkat SD dan SMP Sekolah Asrama Taruna Papua menampilkan atraksi Wushu pada peringatan HUT Kemerdekaan ke 77 di Alun-alun Kuala Kencana, Rabu (17/8/2022) (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Pelajar tingkat SD dan SMP Sekolah Asrama Taruna Papua menampilkan atraksi Wushu pada peringatan HUT Kemerdekaan ke 77 di Alun-alun Kuala Kencana, Rabu (17/8/2022) (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

Berada di wilayah timur Negara Indonesia, PT Freeport Indonesia menjadi salah satu yang pertama melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih pada peringatan HUT Kemerdekaan ke 77 RI di Alun-alun Kuala Kencana, Rabu (17/8/2022).

Upacara berlangsung di tengah hujan sekitar pukul 08.15 waktu Indonesia timur diikuti perwakilan karyawan dan keluarga PT Freeport Indonesia, perwakilan Pemerintah Kabupaten Mimika, perwakilan TNI dan Polri serta jajaran komisaris dan direksi PT Freeport.

Bertindak sebagai Komandan Upacara, AKP Muhamad Jaidin dari Batalyon B Peopor Satbrimobda Papua.
Pasukan pengibar bendera dipimpin Letda Kavaleri Bambang Rudianto dari Detasemen Kavaleri 3 Serigala Ceta Timika mulai memasuki lapangan upacara dengan gagah meski ditengah hujan deras.

Caroline Maria Irene Deda sebagai pembawa bendera merah putih melangkah dengan tegas menuju Pembina Upacara, Claus Oscar Ronald Wamafma (EVP. Sustainable Development PTFI) untuk kemudian dikibarkan oleh pengibar bendera, Earlliano Dirck Cesar Sarwom, Benyamin Samuel Noel Rumaropen dan Yisra’el Miracle Bobot Wato.

Claus Wamafma saat membaca amanat upacara itu menyampaikan, dengan tema yang diangkat pemerintah ‘pulih lebih cepat bangkit lebih kuat’, seperti negara-negara lainnya di dunia, selama lebih dari dua tahun terakhir semua berjuang menghadapi pandemi dimana kondisi pandemic membawa tantangan terhadap seluruh dimensi kehidupan bangsa khususnya aspek ekonomi.

Pada tahun 2020, pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami kontraksi hingga minus 2,07 persen. Pemerintah berupaya keras melalui berbagai kebijakan untuk dapat sebaik mungkin mengendalikan situasi pandemic di Indonesia.

Pada tahun 2021, pertumbuhan ekonomi Indonesia pun mengalami perbaikan dengan mencatat peningkatan sebesar 37 persen. Bahkan diproyeksikan bahwa pertumbuhan ekonomi di tahun ini akan semakin meningkat dan dapat mencapai kisaran 5 persen.

Hal ini menunjukkan keseriusan pemerintah dalam terus berupaya memulihkan kehidupan masyarakat Indonesia yang selama lebih dari dua tahun diterpa pandemi.

“Oleh karena itu, tema yang diusung pemerintah tahun ini sangatlah tepat untuk kita renungkan dan kita amini bersama pada peringatan HUT Kemerdekaan RI hari ini,” ungkap Claus.

 

EVP. Sustainable Development PTFI, Claus Wamafma membaca amanat dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke 77 RI. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

Secara khusus tahun ini juga menandakan 55 tahun sudah PTFI berkarya dan berkontribusi untuk bumi pertiwi.

“Kita bangga melihat capaian-capaian PTFI dan sumbangsih yang telah dipersembahkan bagi bangsa dan negara selama lebih dari lima dasawarsa,” kata Claus.

Freeport juga bangga melihat bagaimana tambang bawah tanah terbesar di dunia yang ada di PTFI dikelola oleh putra-putri terbaik bangsa dari berbagai penjuru tanah air dan juga menerapkan teknologi mutakhir dalam melaksanakan kegiatan operasional pertambangan.

Diketahui bersama bagaimana tangguhnya karyawan PTFI khususnya dalam menghadapi masa sulit akibat pandemi.

“Berkat ketabahan dan dedikasi Anda semua, PTFI tetap dapat mempertahankan kinerja perusahaan yang baik dan tetap berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ucapnya.

Di momen ini, Claus mengingatkan kepada seluruh karyawan untuk mengelola asset yang luar bias ini dengan sebaik mungkin melalui kegiatan produksi yang aman dan berkelanjutan.

PT Freeport selama ini Telah menjadi Kawah Candradimuka bagi para praktisi pertambangan Indonesia dan kedepannya diharapkan PTFI tetap dapat mejadi yang terdepan sebagai perusahaan yang menerapkan praktik pertambangan yang baik atau atau good mining practices.

Pada kesempatan ini, Claus juga menyampaikan penghargaan kepada seluruh masyarakat yang berada di sekitar wilayah tambang Freeport dan masyarakat Papua pada umumnya. Juga kepada jajaran Pemkab Mimika, tokoh masyarakat dan tokoh adat yang terus mendukung PTFI agar dapat terus mendedikasikan pengabdian kepada bangsa.

“Kepada seluruh insan freeport, teruslah bertumbuh bersama masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Papua, tetaplah memberikan manfaat, junjung tinggi semangat persatuan dan kebangsaan dalam tubuh perusahaan. Karena dengan bersatu kita semua dapat benar-benar pulih dan bangkit lebih cepat guna menyongsong masa depan yang gemilang,” pesannya.

Dalam upacara ini, PT Freeort juga memberikan penghargaan (service award) kepada 62 karyawan yang telah mengabdi selama 25 dan 30 tahun di perusahaan tambang tersebut. Penyerahan penghargaan oleh jajaran direksi kepada enam perwakilan karyawan yang telah bekerja selama 25 dan 30 tahun.

Usai upacara, para tamu yang hadir dihibur oleh Iyakoko Patea Choir yang menampilkan tarian dan lagu dari 34 daerah di Indonesia.

Selain itu, siswa-siswi Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP) binan Yayasan Pengembangan Mayarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) sebagai pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia juga menampilkan berbagai atraksi diantaranya Wushu, Tari tradisonal dan tari modern serta marching band yang menampilkan lagu Sajojo dan lagu berjudul Kaka Baju Hitam yang belakangan viral di media sosial.

reporter : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.