HUT Korpri ke-51, Pemkab Mappi Beri Penghargaan Kepada Pensiunan PNS

Pj Bupati Mappi saat memberikan penghargaan kepada pensiunan ASN.
Pj Bupati Mappi saat memberikan penghargaan kepada pensiunan ASN.

MAPPI | Tiga pensiunan ASN, yakni Adrianus Bapaimu, Yeremias Rumaseuw dan Wendelina Ateau mendapat penghargaan dari Pemkab Mappi, Papua Selatan, pada peringatan di HUT Korpri ke 51 di halaman GOR Qainda ury, Selasa (29/11/2022).

Selain memberikan penghargaan kepada 3 pensiuan, Pemkab Mappi juga memberikan tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya X kepada 167  PNS.

Piagaman kehormatan Satyalencana Karya Satya sesuai dengan keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 63/TK/Tahun 2022.

Tanda Satyalancana Karya Satya sebagai penghargaan kepada PNS yang telah bekerja dengan setia kepada Pancasila,  UUD Negera RI tahun 1945 negara dan pemerintah serta dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan, dan disiplin secara terus menerus paling singkat 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun.

Penghargaan kepada pensiunan PNS dan penyematan pin penghargaan Satyalancana Karya Satya dilakukan Pj Bupati Mappi Michael R. Gomar.

Pada peringatan HUT Korpri, Gomar yang bertindak sebagai pembina upacara pada membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo.

Dalam sambutanya, Presiden mengajak semua yang hadir untuk memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan yang maha kuasa, karena atas rahmat dan karunia-Nya semua masih diberi kesempatan untuk melaksanakan tugas dan pengabdian terbaik kepada masyarakat bangsa dan negara tercinta.

“Untuk itu saya atas nama pemerintah, negara dan pribadi menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada para anggota Korpri dimanapun saudara bertugas,” ucapnya.

Presiden juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada segenap keluarga besar Korpri yang selama setengah abad telah memberikan dharma, bakti dan pengabdiaannya dalam menjalankan tugas dan loyalitas pada bangsa dan negara.

Sesuai dengan tema HUT Korpri tahun ini, yakni “Korpri melayani, berkonstribusi dan berinovasi untuk negeri”, maka Presiden meminta kepada seluruh anggota Korpri untuk benar -benar bisa bertransformasi secara total menjadikan dirinya sebagian dari birokrasi untuk melayani masyarakat dengan sepenuh hati, dan adaptif terhadap perubahan yang terus terjadi.

“Saat ini kita masih merasakan dampak pandemi Covid -19 yang terjadi sejak awal tahun 2020, berimplikasi sangat luas terhadap seluruh sektor kehidupan bangsa sehingga kita harus beradaptasi  dengan melakukan prilaku baru yang berbeda dari sebelumnya. Korpro dapat mrnjadi pelaku aktif dalam kebiasaan baru tersebut menuju cara berfikir dan cara bertindak yang efisien, inovatif dan berdaya saing tinggi,” katanya.

Mengenai keberadaan Korpri pasca terbitnya  Undang-Undang nomor 05 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil  Negara (ASN), Presiden mengingatkan kembali bahwa organisasi Korpri akan bertransformasi menjadi korps pegawai ASN RI dengan tujuan menjaga kode etik profesi dan standar pelayanan profesi ASN, serta mewujudkan jiwa korps ASN sebagai pemersatu bangsa.

Presiden juga menegaskan bahwa Korpri sebagai bagian integral dari pemerintah dan harus terus diperkuat sebagai salah satu komponen bangsa yang sangat strategis, sehingga fungsi-fungsi seperti tercantum dalam Undang-Undang ASN dapat diwujudkan secara bertahap.

“Saya minta agar Korpri tetap di dalam kedinasan sehingga aspirasi ASN dapat ditampung, diformulasikan dan disalurkan secara proporsional, dan prefesional itu saya tidak ingin terdapat persepsi yang keliru apalagi berbeda terhadap apa yang saya sampaikan ini,” tuturnya.

Presiden juga memberikan pesan dan kepada seluruh ASN untuk dipedomani.

Pertama, perkuat soliditas dan solidaritas korps dan lerkuat kerjasama dengan segenap komponen bangsa dalam rangka menegakkan fungsi sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Kedua, cari terobosan terobosan positif dan cara kerja yang lebih cepat dan lebih murah serta birokrasi yang lebih singkat transparan dan akuntabel guna meningkatkan pelayanan publik yang makin berkualitas.

Ketiga, perkokoh integritas aparatur melalui perubahan mindset dengan menghindari segala bentuk pungutan liar, tingkatkan kerja keras, kerja cerdas, kerja iklhas dan kerja tuntas. Perkuat jiwa korps disiplin dan tertib hukum.

Keempat, cara kerja manual harus dirubah dengan cara kerja digital diseluruh jajaran birokrasi lusat dan daerah. Sistem pemerintahan berbasis elektronik untuk dijadikan motor penggerak baru dalam pembangunan.

“Saya ucapkan selamat bertugas. Pengabdian dan hasil kerja seluruh jajaran Korpri selalu dinantikan oleh masyarakat bangsa dan negara. Dirgahayu Korps Pegawai Republik Indonesia,” pungkas Gomar mengakhiri sambutan Presiden.

 

Tanggapi Berita ini
editor : Aditra
sumber : Pemkab Mappi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.