Ibu Hamil Jelang Melahirkan akan Diswab

Ilustrasi
Ilustrasi

TIMIKA | Kepala Puskesmas Timika, Dr Moses Untung mengatakan ibu hamil yang memasuki trimester ketiga atau jelang melahirkan akan diswab antigen.

Katanya, untuk ibu hamil yang datang ke Puskesmas akan diperiksa terlebih dahulu dan pemeriksaannya tidak berbayar karena dianggap sebagai suspek.

“Ada wacana untuk semua Puskesmas, bahkan Puskesmas Timika sudah mulai. Jadi setiap ibu yang mau melahirkan itu kita periksa dulu tidak berbayar karena ini untuk keperluan yang dianggap suspek jadi diperiksa,” katanya saat diwawancara, Kamis (5/8/2021).

Saat ini para tenaga kesehatan juga sudah dilatih menangani pasien ibu hamil terutama bidan karena bertugas 24 jam.

Dijelaskan, saat ibu hamil ke Puskesmas untuk melahirkan, akan dibuatkan surat pernyataan untuk dilakukan tes swab.

Hal ini dilakukan setelah pertemuan bersama Ikatan Dokter Indonesia untuk menjaga tenaga kesehatan agar tidak terpapar.

“Kalau reaktif maka kita akan rujuk untuk melahirkan di rumah sakit dan itu sudah kesepakatan dengan Ikatan Dokter Indonesia. Kecuali emergency rumah sakit swasta bisa langsung menangani,” jelas dr Moses.

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.