Ibukota Provinsi Papua Tengah Disepakati di Timika

SEPAKAT | Para Bupati di Wilayah Adat Meepago sepakat ibukota Provinsi Papua Tengah di Timika. (Foto: Muji/SP)
SEPAKAT | Para Bupati di Wilayah Adat Meepago sepakat ibukota Provinsi Papua Tengah di Timika. (Foto: Muji/SP)

Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan, rapat koordinasi ini merupakan kelanjutan pertemuan yang dilakukan pada 2019 lalu. Dimana tujuh Bupati di Wilayah Adat Meepago sudah membuat pernyataan dan kesepakatan, Ibukota Provinsi Papua Tengah di Mimika.

Namun, selama perjalanan satu tahun ini, banyak hal yang membuat pemerintah pusat meragukan untuk menetapkan Provinsi Papua Tengah dengan ibukotanya.

Karenanya, hari ini dari Bupati Mimika, Bupati Puncak, Wakil Bupati Puncak, Wakil Bupati Intan Jaya, Ketua DPRD Mimika, dan Ketua DPRD Puncak serta seluruh tokoh masyarakat, dan Lembaga Adat (Lemasa dan Lemasko), tokoh pemuda, perempuan, dan semua pihak telah menyepakati Ibukota Provinsi Papua Tengah berada di Timika.

“Untuk semua administrasi sudah siap dan akan didorong ke MRP dan DPRP, serta Gubernur Papua untuk meminta rekomendasi. Kemudian, tim berangkat ke Jakarta bertemu Pak Tito Karnavian (Mendagri),” kata Bupati usai pertemuan.

Sementara dengan beberapa Bupati yang tidak hadir dalam kesepakatan ini, Eltinus menyampaikan, intinya semua setuju.

Kemungkinan ketidakhadiran para Bupati lainnya karena ada halangan.

“Namun demikian, kami selalu berkomunikasi dan intinya semua mendukung Pemekaran Provinsi Papua Tengah dengan ibukota di Timika,” ujarnya.

Tanggapan Bupati Puncak

Sementara Bupati Puncak Willem Wandik mengatakan, sebagai tim fasilitator, apa yang sudah disampaikan oleh Bupati Mimika sangat tepat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Komentar ditutup.